realme 10

10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 10

realme 10 merupakan seri realme Numbers yang menjadi Slot777 penerus realme 9. Sebagai penerus, tentu Anda dapat mengharapkan adanya peningkatan, misalnya saja dari sisi chipset. Kabar baik, karena realme 10 memang dibekali dengan chipset berperforma lebih tinggi dari sebelumnya. Cocok untuk yang membutuhkan ponsel gaming di kelas harga menengah.

Meski demikian, sebenarnya realme 10 bukan ditujukan sebagai ponsel khusus gaming. realme Number series umumnya dimaksudkan sebagai ponsel all-rounder di kelas menengah. Sanggup memenuhi kebutuhan pengguna di segala sisi: layar memukau, sisi fotografi yang mantap, performa tinggi, desain kece, dan baterai memadai.

Lantas, apakah realme 10 sungguh memiliki kelebihan yang sebegitu banyaknya? Apa saja hal-hal yang perlu diketahui dari HP ini? Untuk mengetahui secara sekilas, simak tabel berikut ini.

KelebihanKekurangan

• Hadirkan Helio G99, Performa Gahar Mencapai AnTuTu 400ribu
• Layar Memukau dengan Super AMOLED + Refresh Rate 90 Hz
• Baterai Hemat 5.000 mAh dengan Fast Charging 33 W yang Ngebut
• Desain Bodi Ciamik
• Lokasi Sensor Sidik Jari di Samping
• Tanpa Stereo Speaker
• Tanpa NFC
• Tanpa 5G, Tidak Pakai Gorilla Glass, Tanpa IP Rating
• Sisi Buruk Desain

Bagi Anda yang masih penasaran dengan HP ini, silakan simak penjabaran lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan realme 10 di bawah ini.

Spesifikasi realme 10

realme 10
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 4 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia
Spesifikasi Selengkapnya →

Kelebihan realme 10

realme 10 diluncurkan di Indonesia pada Rabu, 9 November 2022 dan bakal jadi HP andalan dari realme di event belanja online 11.11. Tentu menarik melihat apa yang jadi daya tarik atau apa yang jadi kelebihan dari HP ini. Langsung cek poin-poinnya berikut ini.

1. Hadirkan Helio G99, Performa Gahar Mencapai AnTuTu 400ribu

realme Number series senantiasa menawarkan value yang tinggi pada setiap produk yang dikeluarkan. Seperti realme 10 contohnya, yang sudah menggunakan chipset Helio G99 bertenaga buas di kelas menengah.

Helio G99 merupakan chipset pertama di keluarga Helio G series yang dibangun atas fabrikasi 6 nm, sehingga efisiensi dayanya sungguh dapat diandalkan. Selain itu, Helio G99 juga dikemas dengan kombinasi delapan inti prosesor (octa-core) yang kencang.

Kedelapan prosesor ini mencakup klaster high performance yang berisikan dua unit Cortex A76 (2.2 GHz). Untuk menunjang aktivitas yang ringan-ringan, tersedia klaster efisiensi daya yang terdiri atas enam unit Cortex A55 (2.0 GHz).

Helio G99 juga didukung oleh kartu pengolah grafis (GPU) berupa Mali G57 MC. Ini merupakan GPU yang sama dengan yang digunakan Helio G96, yang memiliki dua inti serta frekuensi di angka 950 MHz.

Pihak realme mengklaim bahwa realme 10 dapat meraih skor AnTuTu v9 hingga 400 ribu. Jika benar, ini membuat realme 10 jadi salah satu ponsel kelas menengah tertinggi di dunia. Ponsel ini dibekali dengan dua opsi RAM 4 GB atau 8 GB (LPDDR4x), sedangkan memori internalnya hanya suguhkan satu opsi yaitu 128 GB (UFS 2.2).

Omong-omong, storage 128 GB ini sudah terpakai sebanyak 24 GB untuk sistem operasi dan beragam aplikasi prainstal. Untungnya masih ada slot memori eksternal terpisah agar pengguna bisa memfokuskan penyimpanan internal untuk aplikasi dan gim. Sedangkan, untuk membuat pengalaman multi-tasking lebih nyaman, disuguhkan fitur RAM Expansion untuk menambah RAM virtual hingga 5 GB.

Dikutip dari laman 91mobiles.com, realme 9 (Snapdragon 680) mendapatkan skor AnTuTu v9 sebesar 278.452 poin. Adapun sesuai informasi yang didapat dari laman Kimovil, realme 10 meraih skor 400.086 poin. Itu artinya, realme 10 memiliki peningkatan sekitar 30% dibanding pendahulunya.

Berdasarkan hasil pengujian gaming yang dilakukan kanal Tech NEO di YouTube, realme 10 bisa memainkan PUBG Mobile di pengaturan Smooth – Ultra tanpa lag sama sekali. Setiap pergerakannya terlihat cukup mulus. Dan jika terjadi frame drop, hal itu tidak terasa sama sekali sehingga tidak berpengaruh terhadap gameplay-nya.

Jika kita menilik pada ponsel-ponsel lain yang gunakan Helio G99 (contohnya seperti POCO M5), tampaknya realme 10 bisa memainkan Genshin Impact dengan lancar pada pengaturan Lowest.

Ini dibuktikan pada video pengujian Gaming Mobile, yang berhasil membuat POCO M5 sanggup memainkan Genshin Impact tanpa kendala. Bahkan, POCO M5 bisa memainkannya pada pengaturan Highest, kendati dengan frame rate yang meski tidak optimal, tapi tidak game-breaking juga.

realme 10 sungguh berpotensi untuk menjadi raja mid-range di kalangan para gamer. Heading berikutnya juga semakin meyakinkan semua orang bahwa realme 10 adalah HP gaming idaman.

2. Layar Memukau dengan Super AMOLED + Refresh Rate 90 Hz

Tidak ada yang lebih menyenangkan ketimbang bermain gim ponsel menggunakan panel Super AMOLED. Inilah yang Anda rasakan ketika mencicipi gaming di ponsel realme 10. Memiliki ukuran layar 6,4 inci pada resolusi Full HD+, realme 10 turut dikemas dengan panel Super AMOLED yang suguhkan kontras rasio tinggi. Bahkan, layar ponsel ini hadir dengan kerapatan piksel tinggi yakni 411 ppi. Ucapkan selamat tinggal pada gambar-gambar yang pixelated.

realme 10 juga diproduksi dengan refresh rate layar hingga 90 Hz, serta touch sampling rate 360 Hz. Selain menampilkan gerakan layar yang 50% lebih mulus dari biasanya, layar juga akan lebih cepat menerima respons dari sentuhan jari pengguna.

Karena pakai Super AMOLED, kontras rasionya sebenarnya tidak terbatas, tapi materi pemasaran menyebutkan layar memiliki kontras 4.000.000:1.

3. Baterai Hemat 5.000 mAh dengan Fast Charging 33 W yang Ngebut

realme 10 adalah smartphone kelas menengah yang bermutu tinggi. Hal ini tercermin dari spesifikasi baterai yang dihadirkan. Kapasitasnya mencapai 5.000 mAh, yang merupakan angka paling umum di kelas harga entry-level dan menengah.

Mengingat ponsel ini gunakan panel layar Super AMOLED serta chipset berfabrikasi 6 nm yang hemat daya, realme 10 dapat membuat baterai 5.000 mAh miliknya bertahan lebih lama lagi. realme mengklaim bahwa ponsel ini dapat bertahan hingga 688 jam pada mode siaga. Itu artinya, bisa bertahan sampai 28 hari.

Ketahanan baterai juga didukung oleh mode penghematan yang dinamakan Ultra Saving Mode. Fitur ini disinyalir dapat membuat ponsel bertahan 2 jam lebih lama untuk mendengarkan musik, ketika sisa baterai tinggal 5%.

realme 10 juga disinyalir dapat bertahan hingga 21 jam pada pemakaian streaming YouTube, 19 jam untuk navigasi, dan 38 jam untuk melakukan panggilan telepon. Tidak mustahil untuk menggunakan realme 10 dari pagi ke malam dalam sekali cas. Bahkan, jika penggunaannya lebih awet lagi, bisa sampai ke hari kedua setelah satu kali pengecasan.

Apabila baterai ponsel habis di tengah-tengah aktivitas, Anda tinggal perlu mengecasnya kembali sampai penuh dengan cepat. Pasalnya, tersedia fitur SUPERVOOC 33 W yang diklaim dapat isi daya dari 0-100% hanya dalam waktu 75 menit.

4. Desain Bodi Ciamik

Bukan realme namanya jika tidak memerhatikan sisi desain. Perusahaan yang semula merupakan sub-series dari OPPO ini menyuguhkan tema desain Light Particles yang dapat menampilkan warna berbeda jika dilihat dari sudut pandang berbeda.

Yang begitu menyenangkan dari desain ponsel ini adalah form factor-nya yang mengusung flat edge. Dengan sisi-sisi yang rata alih-alih melengkung, ponsel lebih nyaman digenggam tanpa mudah tergelincir.

Menghadirkan konfigurasi dua kamera, bodi belakangnya menyusun dua lensa besar secara vertikal tanpa camera bump yang menonjol. Desain kamera yang disebut unicover ini hanya tunjukkan tonjolan kamera di bagian lensanya saja, sehingga tidak begitu goyang ketika disimpan di atas meja.

Bodi ponselnya diketahui memiliki ketebalan yang begitu tipis yakni 7,95 mm, serta berada dalam bobot 177 gram. Dengan bodi yang tipis dan ringan, memudahkan gamer untuk bermain lebih lama lagi tanpa membuat tangan lelah.

Bukan hanya berpenampilan cantik dan nyaman, realme 10 juga memiliki build quality yang benar-benar matang. Ponsel telah lolos beragam tes ketahanan, seperti penekanan tombol 4000 kali, pengujian tombol daya 500.000 kali, dan tombol volume 150.000 kali.

Selain itu, ponsel juga lolos tes colok-cabut port USB 20.000 kali, serta pengujian suhu tinggi 65 derajat celsius selama 21 hari. Desain yang ciamik, ergonomis, dan tahan banting inilah yang membuat realme 10 begitu layak diminati.

5. Hasil Foto Memukau dengan Dual Camera 50 MP

Ada yang perlu diperhatikan dari kamera HP ini. Meski realme 9 yang jadi pendahulunya tawarkan kamera 108 MP, rupanya realme hanya suguhkan kamera utama 50 MP pada realme 10. Selain itu, jumlahnya pun berkurang yang semula triple menjadi dual camera saja.

realme 10 sendiri menghadirkan kamera utama 50 MP pada fungsi wide-angle yang diiringi oleh fitur PDAF. Sedangkan untuk kamera keduanya, realme belum mengungkapkan akan menggunakan resolusi berapa dan fungsi apa. Penulis sih sungguh berharap ponsel ini menghadirkan kamera ultrawide.

Jika dilihat dari laman spesifikasinya di GSM Arena, realme 10 dapat merekam video hingga resolusi 1080p pada kecepatan 30 FPS, baik untuk kamera belakang maupun kamera selfie. realme kembali menghadirkan fitur Street Photography Mode 2.0 yang dapat berikan pengalaman fotografi jalanan secara optimal.

Baca Juga : Spesifikasi Dan Harga Oppo A16 Terbaru

Mode ini mencakup fitur DIS Snapshot yang dapat hasilkan foto dengan tajam meskipun pemotretnya bergerak. Selain itu, terdapat juga fitur tambahan seperti Instant Focus dan Quick Zoom. realme 10 juga menghadirkan peningkatan pemotretan malam hari sebanyak 121%, berkat dukungan teknologi ProLight Imaging serta Flash Night View Algorithm.

Ponsel ini menggunakan teknologi Quad Bayer alias pixel binning 4-in-1, menggabungkan empat piksel berdekatan menjadi satu piksel besar untuk hasilkan output gambar 12,5 MP secara default. Berikut ini sejumlah sampel foto dari kamera realme 10.

Kekurangan realme 10

Setelah mengetahui kelebihannya, mari simak kekurangan yang ditawarkan realme 10 berikut ini.

1. Lokasi Sensor Sidik Jari di Samping

realme 10 tidak lagi seperti pendahulunya, realme 9, yang menghadirkan sensor pemindai sidik jari di dalam layar (under-display fingerprint). Padahal, sebagai ponsel dengan panel OLED, realme 10 memiliki privilege untuk meletakkan sensor sidik jari di dalam layar. Tapi, ponsel ini malah hadirkan sensor di samping, menyatu dengan tombol daya (side-mounted).

2. Tanpa Stereo Speaker

Kualitas suara speaker di smartphone kian hari semakin berkembang. Kini tidak hanya ponsel kelas atas saja yang hadirkan stereo speaker, bahkan ponsel 2 jutaan pun sudah banyak memilikinya.

Namun jika kita menilik laman spesifikasi realme 10, ponsel ini sayangnya tidak menyediakan stereo speaker, alias hanya speaker tunggal di bawah bodi. Meski demikian, realme 10 mengusung penyetelan speaker dari Hi-Res untuk meningkatkan kualitas suara. Selain itu, volume speaker ponsel dapat ditingkatkan melebihi batas umum, yakni hingga 200%.

Ini cukup berguna jika Anda sedang berusaha mendengarkan konten TikTok di tengah keramaian tanpa membawa earphone. Oh ya, omong-omong earphone, realme 10 untungnya masih menjadi salah satu dari sekian ponsel menengah yang tawarkan 3.5 mm jack audio port.

3. Tanpa NFC

Untuk Anda yang menginginkan konektivitas di ponsel, tampaknya perlu mencari opsi selain realme 10. Pasalnya, HP ini tidak menyediakan fitur Near Field Communication tersebut. Alhasil pengguna tidak dapat melakukan pengecekan saldo eMoney saat sedang di jalan.

4. Tanpa 5G, Tidak Pakai Gorilla Glass, Tanpa IP Rating

realme 10 yang sedang dibahas sekarang menggunakan chipset Helio G99, bukan Dimensity. Artinya, varian ponsel ini memang tidak menyediakan jaringan seluler generasi kelima alias 5G.

Hanya mendukung jaringan LTE Dual SIM Card, realme 10 namun dilengkapi dengan sejumlah fitur konektivitas lainnya. Seperti WiFi 5 dual band, Bluetooth 5.1, USB Type-C 2.0, serta serangkaian sensor (gyro, proksimitas, akselerometer, kompas).

realme juga tidak menyebutkan bahwa ponsel ini dilapisi dengan kaca pelindung mana pun. Padahal, realme 9 saja dilapisi oleh Gorilla Glass 5 yang membuatnya cenderung tahan banting saat terjatuh dari ketinggian 1 meter.

Selain itu, meski realme 10 telah lolos sederet uji ketahanan ketat, smartphone ini tidak disertai dengan sertifikasi IP Rating sama sekali. Di saat ponsel menengah Samsung Galaxy A series sudah hadirkan IP67, setidaknya penulis berharap realme 10 disertai IP54.

5. Sisi Buruk Desain

Kendati ponsel hadir dengan ketahanan bodi yang kuat dan penampilan menarik, namun realme 10 memiliki sejumlah hal yang bisa dikeluhkan dari sisi desain.

Menurut penguji FlashGadget di kanal YouTube-nya, realme 10 ini mengusung finsihing yang glossy sehingga mudah dihinggapi sidik jari. Pengguna mesti sering-sering mengelap bodi belakang ponsel agar senantiasa terlihat prima setiap harinya.

Selain itu, ketika back cover-nya diketuk-ketuk, terdengar ada ruang yang kosong atau yang biasa disebut kopong. Tergantung dari seberapa penting Anda menaruh emphasis pada sisi desain, kekurangan satu ini bisa jadi deal-breaker bisa juga tidak.

Kesimpulan

realme 10 punya harga mulai Rp2,4 juta. realme 10 dijual dengan harga Rp2.499.000 untuk varian RAM 4 GB dengan storage 128 GB. Varian ini punya fitur penambah RAM sampai 4 GB. Ada juga varian RAM 8 GB dengan storage 128 GB yang dibanderol Rp3.199.000. Varian ini punya fitur penambah RAM sampai 8 GB.

Menilik spesifikasi yang ditawarkan, HP ini tampak sebagai HP yang dipasarkan sebagai all-rounder. Meski demikian, kualitas performa yang diberikan sungguh terbaik di kelasnya. Bukan keputusan yang salah untuk realme menyematkan chipset Helio G99 pada seri ke-10 ini. Dengan balutan baterai tahan lama yang disertai Ultra Saving Mode, aktivitas gaming akan berjalan seharian tanpa gangguan.

Kualitas layar dan desainnya yang ciamik begitu membuat tampilan realme 10 sungguh cantik dari depan dan belakang. Hasil fotografinya pun benar-benar cakep, cukup menunjang para konsumen yang ingin menjadi kreator konten.

realme 10 memang cocok untuk gamer, pecinta fotografi, dan para penggiat film. Akan tetapi, jika Anda membutuhkan jaringan konektivitas serta fitur terdepan seperti 5G, NFC, dan under-display fingerprint, realme 10 bukan pilihan yang tepat. Jadi, tertarik untuk membelinya?