Berita Terkini dan Terbaru Sepak bola 2023

Berita Terkini dan Terbaru Sepak bola 2023

Wasit Simon Hooper Tetap Bertugas di Liga Inggris Usai Kontroversi di Laga Manchester City vs Tottenham Hotspur

Wasit Simon Hooper tidak mundur dari Liga Inggris meski menuai kontroversi atas keputusan yang diambilnya saat memimpin laga Manchester City vs Tottenham Hotspur yang berkahir imbang 3-3 pada Minggu, 3 Desember 2023.

Dalam laga tersebut, Hooper membuat keputusan kontroversi yang membuyarkan peluang emas Manchester City. Dia memutuskan untuk meniup peluit ketika City punya peluang emas untuk mencetak gol melalui Jack Grealish dalam situasi play-on usai Erling Haaland dilanggar. Momen itu terjadi saat tambahan waktu babak kedua.

Setelah kehilangan peluang emas itu, City yang hanya bisa mendapatkan satu poin dari laga tersebut, tergeser ke posisi ketiga, di belakang Liverpool dengan selisih satu poin. The Citizens tertinggal tiga poin dari pemuncak klasemen, Arsenal..

Kinerja wasit secara keseluruhan mendapat pujian RTP LIVE dari para pakar, meski ada pertanyaan yang diajukan mengenai keputusan akhir yang berpotensi menentukan tersebut. Kini, seperti dilansir Sky Sports, Hooper tidak akan dihukum. Dia akan tetap memimpin pertandingan Liga Inggris sesuai jadwal.

“Buktinya ada untuk dilihat semua orang, dia seharusnya membiarkan permainan terus berlanjut,” kata pakar Sky Sports, Micah Richards, mantan bek Manchester City, usai pertandingan pada Minggu. “Anda bisa melihat wajah wasit keempat, dia tahu wasit telah melakukan kesalahan. Bagaimana Anda bisa menjelaskannya?”

Simon Hooper telah diumumkan sebagai wasit yang memimpin pertandingan tengah pekan Liga Inggris, Sheffield United vs Liverpool. Keputusannya yang menuai kontroversi saat laga Manchester City bermain imbang melawan Tottenham Hotspur di kandang dianggap sebagai kesalahan yang manusiari. Karena itu, dia akan tetap bertugas di Bramall Lane.

Kalahkan Lionel Messi, Erling Haaland Raih Penghargaan Golden Player Man di Golden Boy 2023

Erling Haaland dianugerahi penghargaan Golden Player Man pada upacara Golden Boy 2023 di Turin, Italia, setelah memenangi treble bersama Manchester City pada Juni lalu. Penghargaan itu diberikan kepada pemain terbaik berusia di atas 21 tahun, yang dipilih oleh panel spesialis, yang tahun ini mencakup Edwin Van Der Sar, Alessandro Costacurta, Samuel Eto’o, Andriy Shevchenko, Rui Costa, dan Pavel Nedved.

 

Seperti dilansir Football Italia pada Senin, 4 Desember 2023, meskipun Haaland dikalahkan oleh Lionel Messi di berbagai upacara penghargaan lainnya dalam beberapa bulan terakhir, termasuk Ballon d’Or 2023, Golden Boy berbeda karena hadiahnya diberikan berdasarkan penampilan di tahun kalender, bukan musim sebelumnya.  Artinya, kemenangan Messi di Piala Dunia bersama Argentina tidak berarti apa-apa pada 2023, tidak seperti di Ballon d’Or.

Sedangkan Haaland menikmati tahun yang memecahkan rekor di Liga Inggris. Berkat penghitungan golnya yang luar biasa, Manchester City menjadi tim kedua yang memenangi Liga Premier, Piala FA, dan Liga Champions dalam satu musim.

Treble tersebut diselesaikan dengan kemenangan 1-0 atas Inter Milan pada babak final Liga Champions di Istanbul pada awal Juni lalu. Di depan gawang, mantan pemain Borussia Dortmund itu tak terbendung. Dia telah mencetak hingga 50 gol di semua kompetisi pada 2023.