cara amen akses wifi gratis

Ini Cara Aman Pakai Jaringan Wi-Fi Gratisan, Dijamin Jauh dari Virus dan Serangan Hacker

Kamu sering bepergian ke tempat Slot777 publik dan mengakses jaringan internet atau media sosial dengan Wi-Fi publik gratisan?

Mungkin sekarang sudah saatnya kamu lebih berhati-hati. Kamu tidak pernah tahu bahaya apa yang mengintai perangkat dan data pribadi kamu.

Beberapa hal perlu diwaspadai, seperti datangnya virus, serangan hacker, dan bahaya lainnya.

Selain itu, tidak hanya mewaspadai penggunaan jaringan Wi-Fi gratisan, kamu juga perlu memilah perangkat mana yang diperbolehkan untuk masuk ke jaringan utama kamu. Hanya perlu waktu beberapa menit untuk mengatur guest network.

Untuk mengecek apa saja yang ada di jaringan kamu, kamu dapat melakukannya melalui aplikasi. Kunjungi situs web provider kamu untuk menemukan aplikasi resmi. Kemudian instal ke smartphone dan masuk dengan kresidensial ISP kamu.

Mengutip USA Today, Selasa (5/9/2023), salah satu aplikasi yang dapat dicoba adalah aplikasi Cox Panaromic Wi-Fi.

Dengan aplikasi ini kamu dapat meninjau dan mengatur perangkat, mengubah nama dan kata sandi Wi-Fi, memecahkan masalah koneksi, dan masih banyak lagi.

Fitur lainnya juga dapat kamu temukan dalam aplikasi ini, seperti memblokir koneksi internet ke perangkat tertentu dari mana saja.

Bagi pengguna smartphone, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Fing-Network Scanner yang dapat diinstal di Google Play Store atau Apple App Store.

Opsi lainnya yang bisa kamu coba selain dengan aplikasi adalah menggunakan router’s online interface. Ini cara sederhana untuk menunjukkan siapa yang menggunakan jaringan kamu. Untuk melihat informasi tersebut, kamu hanya perlu masuk ke router.

Baca Juga : 
4 Tahap Jadi Content Creator, Mulai dari Nol sampai Dapat Endorsement

Cek dan Hapus Perangkat Tidak Dikenali yang Terhubung dengan Wi-Fi

Untuk masuk ke router, hal yang kamu perlukan adalah alamat IP komputer kamu. Kemudian, masukkan alamat IP ke bilah alamat browser.

Dengan begitu kamu sudah bisa masuk dengan nama pengguna dan kata sandi khusus router kamu atau informasi default kalau kamu belum pernah melakukan pengaturan.

Setelah kamu masuk, periksa daftar yang bertuliskan DHCP Client atau Connected Devices. Di sana kamu bisa melihat daftar perangkat yang menggunakan jaringan kamu.

Apabila kamu melihat ada perangkat yang tidak dikenali atau mencurigakan, ada baiknya segera ubah kata sandi Wi-Fi.

Kamu juga dapat menghapus secara manual masing-masing perangkat dari daftar perangkat terhubung. Cari perintah untuk menghapus, memblokir atau menghapus.

Terlalu Banyak Perangkat yang Terhubung Bikin Jaringan Wi-Fi Lemot