fitur baru whatsapp

WhatsApp Ketahuan Uji Coba Fitur Baru, Bisa Bikin Stiker Pakai AI

Aplikasi chatting WhatsApp diketahui tengah menguji coba fitur membuat stiker dengan bantuan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Fitur ini baru diluncurkan melalui Google Play Beta Program, serta masih terbatas untuk para penguji coba WhatsApp beta. Jadi, belum tersedia untuk seluruh pengguna.

Seperti dilaporkanWABetaInfo, dikutip Selasa (22/8/2023), fitur baru WhatsApp ini nantinya memungkinkan pengguna untuk membuat stiker, hanya dengan menuliskan teks tentang gambar yang diinginkannya.

Dalam bocoran yang beredar, diketahui nantinya aplikasi WhatsApp akan punya tombol “Create”, ketika pengguna membuka keyboard untuk tab stiker.

Jika memilih tombol ini, pengguna aplikasi WhatsApp dapat mengetikkan deskripsi untuk stiker AI yang ingin mereka buat.

WhatsApp lalu akan menampilkan beberapa stiker buatan AI berdasarkan deskripsi tersebut, dan pengguna pun kemudian bisa membagikannya ke dalam percakapan.

Apabila merasa stiker tersebut tidak pantas, pengguna pun dapat melaporkannya ke Meta. Selain itu, stiker buatan AI ini nantinya juga akan mudah dikenali oleh penerima pesan kita.

Dengan fitur ini, tentu saja akan memudahkan mereka yang memiliki kemampuan atau aplikasi yang terbatas untuk membuat stiker, lebih mudah dalam membuatnya tanpa perlu memakai aplikasi tambahan.

Namun, fitur WhatsApp ini masih diuji coba secara terbatas di sekelompok beta tester, yang sudah memasang WhatsApp beta versi terbaru untuk Android. Mereka baru akan rilis ke lebih banyak pengguna beberapa pekan mendatang.

Cara Kirim Foto HD di WhatsApp

WhatsApp sendiri belum lama ini mengumumkan kehadiran fitur pengiriman foto HD. Pasalnya sebelumnya kirim foto via WhatsApp kerapkali membuat kualitas fotonya turun dan pecah.

Lantas, bagaimana cara kirim foto WhatsApp dengan kualitas HD?

Mengutip video yang dibagikan oleh bos Meta –pemilik platform Facebook dan WhatsApp– Mark Zuckerberg, pengiriman foto HD melalui WhatsApp cukup mudah.

  • Kamu hanya perlu melakukan membuka WhatsApp dan memilih chat dengan orang atau grup obrolan yang ingin dikirimi foto.
  • Caranya sama seperti saat kamu hendak mengirimkan foto WhatsApp.
  • Baik itu memilih foto dari galeri atau menjepret foto dari kamera.
  • Selanjutnya ketika foto sudah dipilih, akan ada pengaturan HD di bagian atas foto yang hendak dikirim.
  • Klik pengaturan HD lalu kamu akan disodorkan dua opsi kualitas foto yang mau dikirimkan, yakni foto dengan kualitas standar dan kualitas HD.
  • Pilih kualitas HD untuk mengirimkan foto yang memiliki resolusi tinggi.
  • Foto pun siap dikirim dengan menekan tombol pengiriman.

Selain itu, aplikasi WhatsApp juga tengah mempersiapkan pengiriman video berkualitas HD yang diklaim bakal segera hadir.

Baca Juga : 

Jarang Disadari, Ini 4 Keunggulan HP Android yang Tidak Ada di iPhone

Xiaomi Pad 6 Max Meluncur dengan Layar 14 Inci dan Snapdragon 8+ Gen 1

Meta Rilis Fitur Share Screen WhatsApp

WhatsApp juga baru saja mendapatkan fitur di mana pengguna dapat berbagi tampilan layar atau share screen WhatsApp saat video call.

Yup, dengan fitur ini Anda dapat dengan mudah menunjukkan tampilan di layar ponsel kepada lawan bicara saat video call WhatsApp, baik itu tampilan seluruh layar atau hanya aplikasi tertentu.

Mengutip keterangan resmi Meta, Rabu (9/8/2023), pengguna akan memiliki opsi untuk membagikan seluruh layar atau aplikasi tertentu langsung dari fitur share screen WhatsApp ini.

“Pengguna bisa berbagi dokumen pekerjaan, menelusuri foto dengan keluarga, merencanakan liburan, atau sekadar membantu kakek-nenek dengan dukungan teknis lewat fitur ini,” tulis Mark Zuckerberg dalam keterangannya.

Diketahui, fitur ini sebenarnya sudah ada di beberapa layanan konferensi video populer, seperti Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams.

Dalam siaran persnya, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa fitur ini sudah tersedia untuk seluruh pengguna WhatsApp di perangkat Windows, iOS, dan Android secara global.

Cara Share Screen di WhatsApp

Lalu bagaimana cara share screen WhatsApp di iPhone atau HP Android? Pastikan untuk sudah meng-update aplikasi WhatsApp di perangkat.

Setelah itu, mulai lakukan panggilan video dan klik ikon “Share” atau “Bagikan” di bagian bawah aplikasi WhatsApp.

Tak hanya itu, Meta juga menambahkan fitur di mana pengguna dapat menikmati panggilan video dalam mode lanskap untuk pengalaman menonton dan berbagi lebih baik di ponsel.

Fitur share screen WhatsApp ini pertama kali diperkenalkan di versi beta beberapa bulan lalu oleh WABetaInfo, situs yang sering membocorkan informasi terbaru tentang WhatsApp.

Namun, saat itu fitur ini masih terbatas untuk beberapa pengguna saja. Kini, setelah melalui tahap pengujian dan penyempurnaan, fitur ini sudah siap untuk digunakan oleh semua pengguna WhatsApp.