Hybrid Cloud

Mengenal Hybrid Cloud serta Manfaatnya bagi Bisnis Anda

Hybrid cloud adalah gabungan dari layanan cloud publik dan pribadi yang memiliki fungsi beragam bagi perusahaan atau bisnis. Simak infonya di sini.

Rata-rata hampir semua perusahaan di bidang teknologi menggunakan istilah hybrid untuk menggambarkan produk baru yang sedang dikembangkan. Hybrid hanyalah sebuah item yang menggabungkan dua teknologi yang terpisah namun tetap mempertahankan semua kualitas dan sifat dari komponen aslinya.

Sebagai contoh, penggabungan listrik atau hidrogen dengan teknologi kendaraan berbahan bakar minyak untuk menghasilkan mobil yang lebih ramah lingkungan adalah salah satu jenis teknologi hybrid yang saat ini digunakan. Lantas apa itu hybrid cloud?

Melalui artikel berikut ini, Slot777 Gacor Anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai hybrid cloud serta kelebihan dan kekurangannya.

Apa yang Dimaksud dengan Hybrid Cloud?

Hybrid cloud adalah gabungan dari layanan public cloud dan layanan private cloud yang memiliki fungsi beragam bagi perusahaan atau bisnis. Hybrid cloud ini akan mengelola private cloud dan public cloud secara bersamaan menggunakan alat dari berbagai lingkungan cloud.

Ada beberapa cara untuk menjalankan hybrid cloud. Pertama, penyedia cloud independen harus menyediakan layanan terintegrasi untuk private cloud dan public cloud. Kedua, penyedia layanan private cloud menyediakan paket hybrid lengkap. Ketiga, bisnis menjalankan private cloud mereka sendiri dan berlangganan layanan public cloud, kemudian mengintegrasikannya ke dalam infrastruktur mereka.

Baca Juga:

Inilah Sepeda Motor Listrik Terbesar di Dunia. Tapi Anda Tidak Bisa Memilikinya

WhatsApp Ketahuan Uji Coba Fitur Baru, Bisa Bikin Stiker Pakai AI

Apa Kelebihan dan Kekurangan Hybrid Cloud?

Setiap teknologi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu, Anda  sebagai pengguna harus waspada saat memilih teknologi yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Hal yang sama berlaku dengan hybrid cloud. 

Berikut ini kami rangkum kelebihan dan kekurangan jika menggunakan layanan hybrid cloud.

Kelebihan Hybrid Cloud

  • Keamanan data adalah manfaat utama hybrid cloud. Data adalah aset perusahaan yang berharga yang harus dijaga. Hybrid cloud yang juga menggunakan private cloud dapat mengamankan data penting dan sensitif perusahaan Anda.
  • Tingkat fleksibilitas yang luar biasa. Pengguna hybrid cloud dapat sepenuhnya mengontrol infrastruktur cloud sesuai dengan kebutuhan bisnis. Anda dapat mencapai tujuan bisnis lebih cepat dan tepat dengan cara ini.
  • Biaya yang sepadan dengan penggunaan hybrid cloud yang memiliki banyak keuntungan dan manfaat yang ditawarkannya. Sejatinya penggunaan hybrid cloud akan sangat membantu bisnis Anda karena ada penghematan biaya. Beberapa solusi hosting hybrid cloud menawarkan keamanan ekstra dan tim dukungan yang siap membantu Anda dengan segala kebutuhan.

Kekurangan Hybrid Cloud

  • Infrastruktur yang rumit. Untuk bisnis yang mengintegrasikan dua model terpisah ke dalam satu sistem, hybrid cloud memang pilihannya. Namun Anda memerlukan spesialis untuk mengembangkan sistem kerja yang mulus sehingga hybrid cloud dapat berfungsi dengan baik.
  • Biaya yang lebih tinggi. Tingginya biaya hybrid cloud membuat banyak bisnis ragu untuk menggunakannya. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan dengan cermat apakah keunggulan yang ditawarkan oleh hybrid cloud bermanfaat. Pasalnya, setiap bisnis memiliki kebijakan efektivitas biaya dan urgensi yang unik terkait keamanan cloud.
  • Keterlambatan (Bottleneck). Kemungkinan terjadinya bottleneck jaringan saat mentransfer data antara private cloud dan public cloud. Transfer ke public cloud dilakukan melalui internet publik dan transfer mungkin akan berjalan terlalu lambat untuk memenuhi kebutuhan IT perusahaan.
  • Implementasi. Infrastruktur hybrid cloud mungkin sulit diterapkan karena menciptakan permintaan yang kuat untuk kemampuan jaringan, penyimpanan, dan server. Implementasi semua ini akan memakan waktu dan membutuhkan akurasi untuk menangkis masalah bawaan yang mungkin terjadi setelahnya. Memiliki mitra yang berpengalaman dalam praktik implementasi di sini berperan sangatlah penting.


Cloudmatika menyarankan Anda untuk menggunakan private cloud karena fleksibilitas, keamanan, dan skalabilitasnya. Virtual Private Cloud menggunakan teknologi hyper converged sehingga biaya server Anda lebih terjangkau.

Berikut ini benefit yang akan Anda dapatkan jika menggunakan Virtual Private Cloud Cloudmatika.

1. Single Management Dashboard

Cloudmatika Virtual Private Cloud memiliki tampilan single management dashboard yang memudahkan user untuk mengelola dan memantau Virtual Private Cloud.

2. Live Kernel Updates, Zero Downtime

Pembaruan pada Virtual Private Cloud tidak akan mengganggu kinerja server Anda. Server Anda akan selalu up to date dan aman ketika digunakan.

3. Easy Integration

Cloudmatika Virtual Private Cloud sangat kompatibel untuk diintegrasikan dengan pihak ketiga seperti OpenStack REST & Amazon S3 APIs termasuk analitik, monitoring, dan biaya penggunaan.

4. Flexibility

Cloudmatika Virtual Private Cloud memiliki sistem konfigurasi yang fleksibel yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.