Spesifikasi Handphone Zaman Dulu

Handphone zaman dulu memiliki 777 slot spesifikasi yang jauh berbeda dengan perangkat yang digunakan saat ini. Berikut adalah beberapa spesifikasi umum handphone zaman dulu:

  1. Ukuran dan Berat: Handphone zaman dulu biasanya lebih besar dan lebih berat daripada ponsel modern saat ini. Mereka seringkali memiliki desain yang bulky dengan antena eksternal.
  2. Layar Monokrom: Sebagian besar handphone zaman dulu menggunakan layar monokrom, yang berarti mereka hanya dapat menampilkan satu warna pada satu waktu. Tidak ada layar sentuh seperti pada ponsel modern.
  3. Antena Eksternal: Banyak handphone zaman dulu dilengkapi dengan antena eksternal yang dapat ditarik atau dilipat. Antena ini diperlukan untuk meningkatkan kualitas sinyal pada masa ketika jaringan seluler masih berkembang.
  4. Tombol Fisik: Handphone tersebut memiliki tombol fisik yang digunakan untuk memasukkan nomor telepon, mengirim pesan teks, atau mengakses menu. Tidak ada layar sentuh, dan pengguna biasanya menggunakan tombol-tombol navigasi.
  5. Baterai yang Tidak Dapat Dilepas: Baterai handphone zaman dulu sering kali tidak dapat dilepas. Jika baterai rusak, pengguna harus membawa ponselnya ke pusat servis untuk penggantian baterai.
  6. Polyphonic Ringtones: Handphone zaman dulu mungkin memiliki nada dering polifonik yang bisa memainkan beberapa nada sekaligus, meskipun kualitas suara terbatas.
  7. Kamera VGA: Beberapa handphone zaman dulu dilengkapi dengan kamera VGA dengan resolusi yang rendah. Kamera tersebut digunakan untuk mengambil foto dengan kualitas yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan kamera pada ponsel modern.
  8. Konektivitas Terbatas: Koneksi internet pada handphone zaman dulu umumnya terbatas pada teknologi seperti GPRS atau EDGE. Bluetooth dan inframerah sering digunakan untuk berbagi file.
  9. Kapasitas Penyimpanan Rendah: Kapasitas penyimpanan handphone zaman dulu sangat terbatas, seringkali hanya beberapa megabyte. Pengguna dapat menyimpan pesan teks, nomor telepon, dan beberapa file ringan.
  10. Tidak Ada Aplikasi Aplikasi: Tidak seperti ponsel pintar modern yang mendukung berbagai aplikasi, handphone zaman dulu umumnya hanya memiliki fitur dasar seperti pesan teks, panggilan suara, dan alarm.

Handphone zaman dulu telah mengalami evolusi yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir, dan perangkat modern saat ini menawarkan teknologi yang jauh lebih canggih dan beragam.

Spesifikasi Handphone Oppo FIND

Terdapat beberapa model dari seri Oppo Find, tetapi saya akan memberikan https://www.donboscopanjim.com/ spesifikasi dari model yang cukup populer yaitu Oppo Find X2 Pro, yang dirilis pada tahun 2020. Berikut adalah spesifikasi umum dari Oppo Find X2 Pro:

  1. Dimensi dan Layar:
    • Dimensi: 165.2 x 74.4 x 8.8 mm
    • Berat: 207 gram
    • Layar: Layar AMOLED 6,7 inci dengan resolusi 1440 x 3168 piksel, refresh rate 120Hz, HDR10+, dan perlindungan Gorilla Glass 6.
  2. Performa:
    • Chipset: Qualcomm Snapdragon 865
    • RAM: 12GB
    • Penyimpanan internal: 256GB / 512GB
    • Sistem operasi: Android 10 dengan antarmuka ColorOS 7.1
  3. Kamera:
    • Kamera belakang: Triple kamera, termasuk kamera utama 48MP (f/1.7), kamera telefoto 13MP (f/3.0) dengan zoom optik 5x, dan kamera ultra-wide 48MP (f/2.2).
    • Kamera depan: 32MP (f/2.4)
  4. Baterai:
    • Kapasitas baterai: 4,260mAh
    • Pengisian daya: Pengisian cepat SuperVOOC 2.0 65W, pengisian nirkabel cepat 30W, dan pengisian nirkabel balik 10W.
  5. Fitur Tambahan:
    • Sensor sidik jari di layar
    • NFC
    • Resistensi air dan debu (IP68)
    • Dolby Atmos sound
    • 5G connectivity
  6. Warna:
    • Oppo Find X2 Pro tersedia dalam beberapa pilihan warna, termasuk Orange Vegan Leather, Black Ceramic, dan Gray Vegan Leather.

Spesifikasi di atas memberikan gambaran umum tentang Oppo Find X2 Pro. Perlu diingat bahwa spesifikasi dapat bervariasi tergantung pada model dan negara. Selain itu, Oppo mungkin telah merilis model Find terbaru setelah informasi terakhir saya perbarui, jadi pastikan untuk memeriksa situs web resmi Oppo untuk informasi terbaru.

Spesifikasi Gadget Termahal Yang Pernah Ada di Dunia

Hingga pengetahuan terakhir saya pada Januari 2022, gadget https://www.belcindo.com/ termahal yang pernah ada di dunia adalah smartphone Falcon Supernova iPhone 6 Pink Diamond. Berikut adalah spesifikasi umumnya:

  1. Desain dan Bahan:
    • Material: Dibuat dari emas murni 24 karat dan memiliki bagian belakang yang dilapisi dengan berlian pink langka.
    • Desain: Desain eksklusif dan mewah dengan sentuhan artistik.
  2. Spesifikasi Teknis:
    • Model: iPhone 6 (versi modifikasi)
    • Layar: 4.7 inci Retina HD
    • Prosesor: Kinerja tinggi, meskipun detailnya mungkin diubah pada versi modifikasi.
    • Memori: Kapasitas penyimpanan yang mungkin disesuaikan sesuai dengan permintaan.
  3. Berlian Pink:
    • Berlian Pink: Dilapisi dengan berlian pink yang langka dan bernilai tinggi.
    • Jumlah Berlian: Tidak ada informasi pasti tentang jumlah berlian yang digunakan, tetapi biasanya memiliki beberapa berlian dengan berat yang signifikan.
  4. Harga:
    • Harga: Sejumlah miliaran dolar AS. Harga termahal disebabkan oleh kombinasi antara bahan mewah dan keunikannya.
  5. Fitur Tambahan:
    • Keunikannya: Kehadiran berlian pink dan penggunaan emas 24 karat menjadikannya lebih dari sekadar smartphone biasa.
    • Eksklusivitas: Edisi terbatas dengan hanya beberapa unit yang diproduksi, menambah nilai eksklusifnya.

Perlu dicatat bahwa informasi ini mungkin sudah tidak lagi akurat pada saat Anda membaca, karena ada kemungkinan adanya peluncuran produk baru atau perubahan harga dan spesifikasi. Selain itu, keunikan dan harga gadget mewah sering kali lebih didasarkan pada material dan desain eksklusif daripada spesifikasi teknisnya.

Xiaomi Redmi A1: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Xiaomi Redmi A1 formal dirilis di Indonesia. HP ini merupakan Android Go, berarti tidak mengfungsikan MIUI layaknya  saudara-saudaranya. Redmi A1 mengusung bentangan layar 6,58 inch bersama dengan resolusi Full HD+. Meski terhitung HP entry level, Xiaomi menambahkan refresh rate 90Hz.

Kamera 5 MP tersemat di anggota notch tetesan air. Sementara terhadap punggungnya terpasang dua kamera bersama dengan lensa utama 8 MP. Dapur pacu Redmi A1 disokong oleh chipset MediaTek Helio A22. Xiaomi sediakan dua konfigurasi RAM dan ROM, yakni 2GB+32GB dan 3GB+32GB.

Agar performanya dapat lebih luwes diberikan fitur RAM virtual 2 GB. Sementara ruang penyimpanannya dapat disempurnakan bersama dengan memasangkan microSD sampai 1 TB. Baterai berkapasitas 5.000 mAh terbenam dalam Redmi A1. Agar terisi cepat ada charger 10W.

Baca juga:

Intip Spesifikasi Lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R, Ternyata Ada Perbedaannya

Simak, Ini Spesifikasi Dan Harga Mobil Tesla Di Indonesia

Spesifikasi Redmi A1

  • Layar: 6.52-inch (1600 x 720 pixels) HD+ 20:9 aspect ratio display, 400 nits brightness, scratch resistant glass
  • Chipset MediaTek Helio A22
  • RAM: 2 GB dan 3 GB, terapat RAM virtual 2 GB
  • ROM: 32 GB dapat disempurnakan bersama dengan microSD sampai 1 TB
  • OS: Android 12 Go Edition
  • Fitur: Dual SIM (nano + nano + microSD), Splash resistant (P2i coating), 3.5mm audio jack, Top-ported loudspeaker, FM Radio
  • Kamera belakang: 8MP bersama dengan LED Flash, f/2.0, depth sensor
  • Kamera depan 5MP front-facing camera, f/2.2
  • Dimensi: 164.9x 76.75x 9.09mm,; Berat: 192g
  • Koneksi: Dual 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 5.0, GPS + GLONASS
  • Baterai: 5000mAh bersama dengan charger 10W
  • Harga Redmi A1 di Indonesia

Harga Redmi A1 sebagai berikut:

Model 2GB+32GB Rp 1.149.000
Model 3GB+32GB Rp 1.249.000

“Dalam rangka penjualan perdana, Xiaomi Indonesia lasantane tawarkan harga promosi khusus secara terbatas bersama dengan harga Rp999.000 untuk pengguna smartphone Redmi seri A (Redmi 6A, Redmi 7A, Redmi 8A, Redmi 8A Pro, Redmi 9A, Redmi 10A) yang melakukan transaksi melalui Mi.com,” kata Manish Dang, Direktur Xiaomi Technology sementara peluncuran di Jakarta.

Spesifikasi Lengkap Galaxy S23 Ultra Terungkap, Harga?

Peluncuran seri Galaxy S23, S23 Plus, dan S23 Ultra dijadwalkan masih bulan depan, pada 1 Februari 2023 di gelaran “Galaxy Unpacked”. Namun, sepertinya akan minim kejutan karena bocorannya sudah beredar di mana-mana.

Setelah spesifikasi lengkap Galaxy S23 dan S23 Plus mengudara, kini giliran Galaxy S23 Ultra yang terbongkar. Fitur andalan varian paling premium ini terletak pada kamera utama yang menggunakan sensor ISOCELL HP2 terbaru buatan daftar sbobet Samsung dengan resolusi 200MP.

Menurut bos Samsung, TM Roh, Galaxy S23 Ultra akan menghadirkan kemampuan kamera spektakuler, di mana pengguna bisa menjepret foto dan merekam video di berbagai situasi cahaya. Hal ini seakan mengonfirmasi bocoran kemampuan low-light kamera Galaxy S23 Utra yang katanya tak pernah ada sebelumnya.

Penyimpanan HP Samsung Galaxy S23 Ultra 1TB

Penyimpanannya yang lega tersebut, bersanding dengan RAM berkapasitas 12GB. Hal ini memudahkan penggunanya untuk menyimpan aplikasi, video, foto, maupun file lainnya. Sayangnya, memori ini sudah mencapai angka maksimal. Itu artinya, memori Samsung Galaxy S23 Ultra 1TB tidak bisa kita perluas lagi.

Spesifikasi Samsung Galaxy S23 Ultra 1TB

Smartphone andalan besutan Samsung ini, memiliki layar luas yang memanjakan setiap penggunanya. Ukuran layarnya tersebut mencapai 6.8 inci. Sementara itu, kedalaman piksel yang dimilikinya mencapai 501 ppi. Smartphone ini juga memiliki resolusi layar tinggi, yakni sebesar 3088 x 1440 piksel.Menariknya lagi, Samsung Galaxy S23 Ultra mendapatkan perlindungan anti air. Ketika smartphone tidak sengaja terkena air hujan, tentunya bukan lagi masalah.

Kemampuan layarnya pun tetap responsif ketika kita gunakan. Masih seputar layar, smartphone ini menggunakan teknologi layar Dynamic AMOLED. Berkat teknologi layarnya, smartphone ini memiliki tampilan yang jernih bak air. Beralih ke spesifikasi lainnya, yakni bekalan kamera. Samsung Galaxy S23 Ultra memiliki empat kamera utama yang berjajar rapi pada bagian belakangnya. Masing-masing kamera memiliki resolusi, 12MP + 10MP + 10MP + 200MP.

Sedangkan pada bagian depannya, terlihat nyata kamera selfie dengan resolusi 12MP. Spesifikasi kameranya ini dapat memberikan hasil jepretan yang semakin berkualitas layaknya fotografer profesional.Samsung Galaxy S23 Ultra 1TB memiliki bobot yang cukup ringan, yakni 234g. Selain itu, memiliki ukuran dimensi yang proporsional, 163.4mm x 78.1mm x 8.9mm.

Dengan ukurannya yang ideal inilah, Samsung Galaxy S23 Ultra nyaman dalam genggaman. Demi menunjang performa yang kuat, smartphone ini menggunakan chipset Qualcomm SM8550 AC Snapdragon 8 Gen 2 (4nm).

Dapur pacunya ini mendapatkan dukungan dengan baterai besarnya, yakni 5000 mAh. Kapasitas baterai yang memadai ini, dapat mendukung penggunaan smartphone yang lebih tahan lama tanpa harus sering-sering isi ulang daya. Apalagi, smartphone ini hadir dengan teknologi pengisian daya cepat.

Selain kamera utama 200MP, Galaxy S23 juga dikabarkan masih memakai kamera sekunder ultrawide dan unit telefot 3x serta 10x zoom.

  • Dimensi: 163.4mm x 78.1mm x 8.9mm
  • Bobot: 233gram
  • Layar: 6,8 inci Infinity-O, Dynamic AMOLED 2X, resolusi 3088 x 1440 piksel, adaptive refresh rate 1-120Hz, HDR10+, pelindung Gorilla Glass Victus 2
  • Prosesor: Snapdragon 8 Gen 2
  • Baterai: 5000mAh dengan pengisian daya cepat 45W dan dukungan wireless charging
  • RAM: 8GB/12GB LPDDR5
  • Memori: 256GB/512GB/1TB (tak ada slot microSD)
  • Ketahanan Air & Debu: IP68
  • Audio: 2 speaker Dolby Atmos
  • Fingerprint scanner: Di bawah layar
  • Sensor: Facial recognition, accelerometer, barometer, gyroscope, light sensor, proximity sensor
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, UWB, Bluetooth 5.3, NFC, USB Type-C
  • Navigasi: GPS, Glonass, Beidou, Galileo
  • Kamera Belakang: 200MP (f/1.7, 23mm, OIS, FoV 85 derajat), 12MP (ultrawide, f/2.2, 13mm, FoV 120 derajat), 10MP (telefoto, f/2.4, 69mm, OIS, FoV 36 derajat), 10MP (periskop, f/4.9, 230mm, OIS, FoV 11 derajat, 10x optical zoom, 100x space zoom)
  • Fitur Kamera: Single Take, Photo, Video, Night, Pro, AR Doodle, Panorama, Food, Portrait, Portrait Video, Pro Video, Super Slow-mo, Slow motion, Hyperlapse, Director’s View, AI Restoration
  • Kamera Depan: 12MP (f/2.2, 25mm, FoV 80 derajat, HDR10+)
  • Video: 8k @30fps, 4k @60fps (depan dan belakang), FHD @60fps
  • Sistem Operasi: One UI 5.1 berbasis Android 13
  • Warna: Hitam, hijau, krem, lavender

Harga Samsung Galaxy S23 Ultra 1TB

Smartphone ini menawarkan satu pilihan warna, yakni abu-abu. Selain itu, berbekal fitur pemindai sidik jari. Untuk mendapatkan smartphone ini, kita harus merogoh kocek cukup dalam, karena Samsung Galaxy S23 Ultra 1TB dibanderol dengan harga resmi di Indonesia Rp25.999.000. Harga smartphone tersebut di setiap negara berbeda-beda, untuk Malaysia mencapai Rp47.035.031. Sedangkan Singapura mencapai Rp44.688.954. Meskipun HP Samsung Galaxy S23 Ultra 1TB memiliki harga yang cukup mahal, tetapi sebandingkan dengan spesifikasi dan kehebatannya.

Baca juga: https://www.bodrumpartner.com/simak-ini-spesifikasi-dan-harga-mobil-tesla-di-indonesia/

Spesifikasi Lengkap dan Harga iPhone 15, Plus, Pro dan Pro Max

Harga iPhone 15 dan Spesifikasi Semua HP Baru Apple

Versi terbaru iPhone sudah diluncurkan. Semua HP baru Apple, termasuk slot gacor 777 spesifikasi dan harga seluruh varian iPhone 15, bisa Anda cek di sini.

Apple akhirnya merilis jajaran iPhone 15 terbaru melalui event bertajuk ‘Wonderlust’ di Steve Jobs Theatre, Apple Park, Amerika Serikat, pada Rabu (13/9/2023) dini hari WIB. Seri kali ini terdiri dari iPhone 15 Pro Max, iPhone 15 Pro, iPhone 15 Plus, dan iPhone 15. Seperti bocoran yang beredar, semua seri iPhone 15 sudah dilengkapi dengan ‘Dynamic Island’ yang tadinya eksklusif bagi varian Pro di seri iPhone 14.

Harga iPhone 15 Pro Max, iPhone 15 Pro, iPhone 15 Plus, dan iPhone 15 yang ada di daftar ini adalah harga yang ditetapkan Apple di Amerika Serikat. Biasanya, Apple menetapkan harga yang berbeda untuk tiap negara termasuk di Indonesia. Jika ingin memperkirakan harga iPhone setelah dirilis di RI atau server slot thailand menghitung biaya pajak dan bea masuk jika membeli iPhone di luar negeri untuk dipakai di Indonesia. Berikut ini fitur dan harga lengkap seri iPhone 15 terbaru.

1. iPhone 15

Apple iPhone 15 rajazeus hadir dalam layar 6,1 inci. Material HP menggunakan partikel crystalline serta pelapis Ceramic Shield untuk perlindungan dobel. Untuk menambah keamanan, Apple juga menyematkan fitur anti-air pada iPhone 15. iPhone 15 mematrikan layar OLED Super Retina XDR dengan dukungan Dolby Vision. Layar ini lebih cerah dari pendahulunya, dengan tingkat kecerahan hingga 2.000 nits atau naik 2 kali lipat ketimbang iPhone 14. Pada aspek kamera, iPhone 15 menggunakan sensor beresolusi 48MP dengan focal length 26mm, piksel sensor berukuran 2-micron, serta 100% piksel fokus. Dengan metode piksel binning, iPhone 15 diklaim mampu menghadirkan opsi telefoto untuk zoom yang lebih mumpuni. Kamera ini memungkinkan zoom optikal hingga 2x. Selain itu, kamera tersebut juga menghadirkan efek bokeh yang lebih meningkat.

Pada iPhone 15, pengguna tak perlu lagi mengubah mode Portrait untuk menghasilkan foto bokeh. iPhone 15 menggunakan A16 Bionic yang memungkinkan pemrosesan lebih cepat dan garang, serta diklaim memiliki ketahanan baterai yang meningkat. Chip ini juga mendukung peningkatan pada aspek audio dan pendeteksian lokasi. Fitur SOS Emergency Satellite juga masih dipertahankan untuk membantu pengguna berinteraksi tanpa terkoneksi internet. Pada iPhone 15, ada fitur baru yang memungkinkan pengguna menggunakan satelit untuk menunjukkan jalan saat dalam perjalanan. Fitur ini gratis selama 2 tahun untuk pengguna iPhone 15. Namun, fitur ini belum tersedia di Indonesia.

Harga iPhone 15

  • iPhone 15 128 GB : US$ 799 (Rp12,3 juta)
  • iPhone 15 256 GB : US$ 899 (Rp 13,8 juta)
  • iPhone 15 512 GB : US$ 1.099(Rp 16,8 juta)

2. iPhone 15 Pro Plus

Peningkatan terasa pada seri Plus kali ini. Versi iPhone 15 Plus sudah memiliki fitur Dynamic Island yang sebelumnya hanya ada di varian Pro dan Pro Max. Seri ini hadir dengan warna yang lebih banyak, yakni kuning, pink, hijau, biru, dan hitam. Layarnya berukuran 6,7 inci dengan layar OLED dan sudah menggunakan Super Retina XDR. Soal chip, iPhone 15 Plus menggunakan A16 Bionic yang memungkinkan pemrosesan lebih cepat dan garang, serta ketahanan baterai yang meningkat.

Chip ini juga mendukung peningkatan pada aspek audio dan pendeteksian lokasi. Seperti pendahulunya, iPhone 15 Plus memiliki peringkat IP IP68. Artinya, peringkat ini menunjukkan ketahanan perangkat terhadap debu dan air dengan maksimum kedalaman 6 meter selama 30 menit. Pada aspek kamera, iPhone 15 Pus menggunakan sensor beresolusi 48MP dengan focal length 26mm, 12MP kamera ultra-wide, 12MP telefoto dengan 2x zoom optikal. Selain itu, kamera tersebut juga menghadirkan efek bokeh yang lebih meningkat. Pada iPhone 15 Plus, pengguna tak perlu lagi mengubah mode Portrait untuk menghasilkan foto bokeh. Night Mode pun dipamerkan dengan hasil yang lebih akurat dan tajam ketimbang pendahulunya.

Harga iPhone 15 Plus

  • iPhone 15 Plus 128 GB : US$ 899 (Rp 13,8 juta)
  • iPhone 15 Plus 256 GB : US$ 999 (Rp 15,4 juta)
  • iPhone 15 Plus 512 GB : US$ 1.119(Rp 17,2 juta)

3. iPhone 15 Pro

Soal spesifikasi, varian Pro ini mirip dengan Pro Max. Hanya ukuran layarnya lebih kecil, masih 6,1 inci. Seri iPhone 15 Pro kini dilengkapi ‘Action Button’ seperti Apple Watch. Tombol ini akan mengenali tekanan untuk mengganti mode yang diinginkan. Misalnya untuk meluncurkan voice memo, kamera, atau mengaktifkan fitur aksesibilitas. Ketika menggunakan Action Button, fitur Dynamic Island pada sisi atas layar juga akan bereaksi. Beberapa fitur andalan pada Dynamic Island mencakup ProMotion, Extreme Dynamic Range, dan Always On Display, dan StandBy Mode yang sebelumnya sudah diperkenalkan pada iOS 17 di ajang WWDC. Masih sama dengan seri Pro Max, soal chip, Apple iPhone 15 Pro mengandalkan A17 Pro Bionic terbaru dan paling garang di pasaran saat ini. Chip ini terdiri dari 4-inti yang fokus ke efisiensi, dan 2-inti penyokong performa.

Secara keseluruhan, bisa meningkatkan performa hingga 10% lebih cepat ketimbang pendahulunya. Neural Engine juga lebih cepat 2x lipat untuk menjalankan fungsi machine learning, diklaim bisa melakukan 35 triliun operasi per detik. Dengan chip seperti ini, pengalaman mobile gaming akan lebih mulus dan tanpa gangguan. Selain itu, kemampuan visual dan pemrosesan gambarnya juga lebih mantap. Sama seperti iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, varian Pro juga sudah menggantikan port Lighting dengan USB-C. Bedanya, ada USB Controller yang memungkinkan kecepatan transfer bisa 10 Gpbs. Dari segi kamera perbedaannya dengan seri Pro Max terletak pada kamera telefoto-nya. Di mana telefoto-nya menggunakan kamera sekunder 12MP, dan bisa memperbesar gambar secara optik hanya 3x. Digital zoomnya juga hanya mencapai 15x, dibandingkan dengan Pro Max yang mencapai 25x. iPhone 15 Pro dilengkapi kamera utama 48MP yang kini mendukung super high resolution 24MP. HP premium ini juga dilengkapi dengan kamara ultra wide 12MP. Di depan, iPhone 15 Pro membawa kamera selfie 12 MP yang sudah terintegrasi dengan Face ID.

Harga iPhone 15 Pro

  • iPhone 15 Pro 128 GB : US$ 999 (Rp 15,3 juta)
  • iPhone 15 Pro 256 GB : US$1.099 (Rp 16,9 juta)
  • iPhone 15 Pro 512 GB : US$ 1.299 (Rp 19,9 juta)
  • iPhone 15 Pro 1 TB: US$ 1.499 (Rp 23 juta)

4. Apple iPhone 15 Pro Max

Apple iPhone 15 Pro Max menjadi varian tertinggi dari seri iPhone 15, baik dari sisi spesifikasi. Sepintas, bahasa desain iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max masih identik dengan pendahulunya. Namun, bingkai (bezel) dibuat lebih tipis sehingga rasio layar-ke-bodi lebih luas. Layar iPhone 15 Pro Max berukuran 6,7 inci dan masih menggunakan tipe OLED teranyar dari Apple dengan tingkat kecerahan maksimum 2.000 nits dan perlindungan Ceramic Shield. Apple menggunakan material yang terbuat dari titanium grade 5, sehingga memungkinkan bobot lebih ringan. Apple mengklaim material ini juga lebih tahan banting ketimbang stainless steel yang digunakan pada seri sebelumnya. Sebab, titanium yang sama digunakan pada rover yang menjelajahi Mars di antariksa. Namun konsekuensinya adalah varian warna pada iPhone 15 Pro Max tak bisa punya banyak pilihan seperti iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Varian Pro Max hadir dalam tiga model warna, yakni putih, biru, dan hitam. Soal chip, seri iPhone 15 Pro Max mengandalkan A17 Pro Bionic terbaru dan paling garang di pasaran saat ini.

Chip tersebut menggunakan arsitektur 3nm yang pertama kali disematkan pada iPhone. Chip ini terdiri dari 4-inti yang fokus ke efisiensi, dan 2-inti penyokong performa. Secara keseluruhan, bisa meningkatkan performa hingga 10% lebih cepat ketimbang pendahulunya. Apple menyematkan kamera 48MP pada iPhone 15 Pro Max, tapi dengan ukuran sensor yang lebih besar. Resolusi default-nya 24MP yang bisa menangkap gambar pada kedalaman 24mm, 28mm, dan 35mm. Kemampuan telefoto-nya dibuat lebih canggih dari versi reguler. Berkat kamera sekunder 12MP, bisa memperbesar gambar secara optik hingga 5x. Kamera wide-nya juga punya sedikit peningkatan, yakni dibenamkan fitur anti-reflective saat digunakan di malam hari. Selain itu, ada pula dukungan makro untuk objek yang lebih tajam dan detil. Soal video, iPhone 15 Pro Max mampu merekam dengan kualitas 4l di 24 fps, 25fps, 30 fps atau 60 fps. Kameranya juga mendukung perekaman 1080p HD video, dan 720p HD video.

Harga iPhone 15 Pro Max

  • iPhone 15 Pro Max 256GB: US$1.199 (Rp 18,5 juta)
  • iPhone 15 Pro Max 512GB: US$1.399 (21,5 juta)
  • iPhone 15 Pro Max 1TB: US$1.599 (24,5 juta)

Baca juga: https://www.bodrumpartner.com/hp-samsung-galaxy-s23-ultra-1tb/

Catat! iPhone 15 Akan Diumumkan di Apple Event 12 September 2023

 Desas-desus tentang kapan iPhone 15 akan diumumkan oleh Apple memang sudah ramai beredar di internet. Kini, perusahaan mengonfirmasi kapan akan meluncurkan ponsel barunya itu.

Apple Event 12 September 2023 akan menjadi debut iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max (kemungkinan bernama iPhone 15 Ultra).

Mengutip keterangan di situs Apple, Rabu (30/8/2023), Apple Event digelar pada 12 September pukul 10.00 pagi waktu setempat atau 13 September dini hari WIB.

Untuk tahun ini, Apple Event 12 September 2023 mengusung tagline “Wonderlust”, plesetan kata “wanderlust” yang berarti keinginan kuat untuk bepergian.

Kemungkinan hal ini diterjemahkan sebagai “keinginan kuat untuk dibuat kagum” dengan deretan iPhone 15 series ini, sebagaimana dikutip dari GSM Arena.

Sebelumnya, internet dibuat terkejut dengan munculnya foto kabel USB-C yang akan disertakan dalam paket penjualan seluruh iPhone 15 series.

Awal minggu ini, leaker populer dengan akun Twitter Mjin Bu membagikan foto kabel USB-C ke USB-C iPhone 15 seperti apa.

Sayangnya, Mjin Bu tidak bisa mengonfirmasi dan menemukan sumber foto kabel USB-C iPhone 15 tersebut karena beredar di ranah media sosial di China.

Meski begitu, dari foto yang beredar ada lima pilihan warna kabel USB-C diduga untuk iPhone 15, yakni violet, baby-blue, merah muda, kuning, dan hitam.

Selang beberapa waktu kemudian, leaker lain dengan nama Kosutami juga membagikan informasi tentang kabel USB-C iPhone 15 ini.

iPhone 15 Dilengkapi Kabel USB-C Sesuai dengan Warna Ponsel

Dilansir Macrumors, Rabu (23/8/2023), Kosutami mengklaim telah melihat sampel uji validasi desain (DVT) kabel USB-C untuk penerus iPhone 14 tersebut.

Mereka menjelaskan, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus juga akan menggunakan kabel USB-C sama dan memiliki opsi warna sesuai dengan warna kedua model iPhone tersebut nantinya.

Selain kabel warna hitam, seluruh kabel USB-C iPhone 15 ini memiliki ujung berwarna putih dengan finishing glossy.

Berbeda dari kabel-kabel milik Apple sebelumnya, kali ini kabel untuk iPhone 15 series itu mengusung desain braided.

Ini berarti kabel baru tersebut akan lebih tebal, anti kusut, dan tidak mudah putus, seperti kabel charging iPhone saat ini.

Baca Juga : 

Valorant Kehadiran Map Sunset, Terinspirasi Kampung Halaman Riot Games Los Angeles

Spesifikasi HP Samsung Galaxy M33 5G yang Dibanderol Mulai Rp 3 Jutaan, Sudah Bisa Update Android 13

Samsung Galaxy M33 5G merupakan ponsel kelas mid-range yang dirilis pada April 2022. Ini merupakan penerus bagi Galaxy M32 yang dirils setahun sebelumnya.

Dengan harga rilis mulai dari Rp3.999.000,- Anda sudah mendapatkan ponsel berkualitas dengan chipset gahar, kamera mumpuni, baterai super awet, serta tampilan layar yang memukau.

Posisi ponsel ini berada di bawah Samsung Galaxy A33 5G yang dibanderol dengan harga rilis Rp4.699.000,-. Jika Anda sering membandingkan seri Galaxy A dan Galaxy M, mungkin Anda sudah tahu ciri perbedaan keduanya.

Seri Galaxy M lebih sering hadirkan sensor sidik jari di samping dan mengunggulkan kemampuan baterai, dan Galaxy A dengan fitur yang sangat dibutuhkan oleh anak muda. Selain itu, Galaxy M merupakan seri yang hanya khusus dijual secara daring alias online.

Mau tahu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M33 5G? Siapa tahu, mungkin ini adalah HP kelas menengah yang selama ini Anda cari. Yuk, simak spesifikasi dan poin-poin di bawah ini!

Spesifikasi Samsung Galaxy M33 5G

SPESIFIKASI UMUM
Tahun Rilis 2022
Jaringan 2G, 3G, 4G, 5G
SIM Card Dual SIM (Slot Khusus)
eSIM Tidak
BODY
Dimensi 165.4 x 76.9 x 9.4 mm
Berat 198 gram
Ketahanan
Fitur Lainnya
LAYAR UTAMA
Jenis PLS TFT
Ukuran 6.6 inci
Refresh Rate 120 Hz
Resolusi 1080 x 2400 piksel
Rasio 20:9
Kerapatan 400 ppi
Proteksi Corning Gorilla Glass 5
Fitur Lainnya
HARDWARE
Chipset Exynos 1280
CPU Octa-core (2×2.4 GHz Cortex-A78 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G68
MEMORI
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Memori Eksternal Ada (Slot Khusus)
KAMERA UTAMA
Jumlah Kamera 3
Konfigurasi
50 MP (wide), f/1.8
5 MP (ultrawide), f/2.2
2 MP (depth), f/2.4
Fitur PDAF, LED flash, panorama, HDR, Video: Hingga 4K@30fps
KAMERA DEPAN
Jumlah Kamera 1
Konfigurasi
8 MP (wide), f/2.2
Fitur Video: 1080p@30fps
KONEKTIVITAS
WLan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.1, A2DP, LE
Infrared Tidak Ada
NFC Ada
GPS GPS, A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS
USB Tipe-C 2.0, USB On-The-Go
BATERAI
Jenis Li-Ion
Kapasitas 5000 mAh
Fitur Pengisian cepat 25W, pengisian balik
FITUR
OS (Saat Rilis) Android 12, One UI 4.1
Sensor Fingerprint (samping), akselerometer, proksimitas (virtual) cahaya (virtual), giroskop, kompas
Jack 3.5mm Ada
Warna Biru, Hijau, Coklat
Fitur Lainnya

Kelebihan Samsung Galaxy M33 5G

Kira-kira apa saja ya fitur-fitur menarik yang bisa Anda nikmati pada Samsung Galaxy M33 5G ini? Berikut adalah penjabaran poin-poin kelebihannya.

1. Baterai Besar 5.000 mAh

Galaxy M series seringkali dikenal akan kapasitas baterainya yang bukan main besar. Masih terngiang di benak kami betapa Galaxy M51 mampu tawarkan kapasitas raksasa 7.000 mAh.

Sayangnya, Samsung memutuskan untuk kembali ke kapasitas normal di angka 5.000 mAh untuk seri-seri selanjutnya, termasuk Galaxy M33 5G ini.

Sekadar informasi, Galaxy M33 5G sebenarnya memiliki versi yang gunakan baterai 6.000 mAh. Namun versi tersbut hanya terbatas untuk pasar India. Sedangkan untuk yang hadir secara resmi di Indonesia, menggunakan baterai 5.000 mAh.

Video pengujian yang diunggah mengungkapkan hal menarik mengenai ketahanan baterai Galaxy M33 5G ini. Menurut pengujian mereka, baterai ponsel ini dapat menunjang aktivitas pemutaran video playback 1080p secara lokal selama 20 jam. Wow, ini sungguh ketahanan yang tidak bisa dianggap remeh.

Baca Juga : 

Samsung Z Flip 5 Rilis, Simak Harga dan Perbedaannya dengan Galaxy Z Flip 4

Harga HP Tecno Spark 10 Pro Baru di Indonesia dan Spesifikasinya

2. Performa Chipset Exynos 1280 yang Dapat Diandalkan

Exynos 1280 yang mengotaki Galaxy M33 5G hadir dengan noda fabrikasi 5 nm yang lebih unggul di sisi efisiensi daya, ketimbang Dimensity 900 dengan fabrikasi 6 nm pada Galaxy M53 5G.

Spesifikasi umum pada chipset besutan Samsung ini cukup menjanjikan. Exynos 1280 mengantongi prososor octa-core yang mencakup dua inti berkinerja tinggi Cortex A78 (2.4 GHz) serta enam unit hemat daya Cortex A55 (2 GHz).

3. Layar Dilapisi Gorilla Glass 5 dan Mengusung Refresh Rate 120 Hz

Jika dibandingkan dengan Galaxy M53 5G, HP ini memang memiliki ukuran layar yang lebih sedikit yakni 6,6 inci. Layar di HP inipun dirancang untuk menampilkan resolusi Full HD+ (1080 x 2408 piksel) dengan aspek rasio 20:9. Sementara untuk kerapatan pikselnya, berada di angka 400 ppi. Ini menandakan, layar mampu berikan ketajaman yang baik.

Panel yang digunakan adalah TFT (Thin Film Transistor), yang kemungkinan besar adalah PLS TFT. Untuk menjaga layar dari kerusakan akibat tergores dan juga terjatuh, layar dilapisi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5. Pelindung tersebut disinyalir mampu mencegah keretakkan walau sudah terjatuh dari ketinggian mencapai 1 meter ke permukaan keras.

4. 50 MP Quad Camera, Mendukung Perekaman 4K

Mengikuti tren smartphone kelas menengah di tahun 2022, jelas saja Samsung Galaxy M33 5G tidak mau ketinggalan menyuguhkan kamera utama 50 MP. Kamera tersebut menggunakan teknologi Quad Bayer yang menggabungkan empat piksel berdekatan menjadi satu, sehingga menghasilkan output 12,5 MP yang lebih detil, cerah, dan tajam.

Setup kamera di ponsel ini tawarkan sebanyak empat buah lensa belakang, dengan tiga lensa pendampingnya yaitu kamera 5 MP (f/2.2) pada fungsi ultrawide untuk hasilkan foto dengan FOV 123 derajat, kamera makro 2 MP (f/2.4), serta kamera depth sensor 2 MP (f/2.4).

Yang benar-benar fungsional sebenarnya hanya kamera 50 MP dan kamera ultrawide 5 MP, sedangkan dua lensa lainnya hadir hanya untuk sekadar “meramaikan”. Beralih ke bagian depan, smartphone ini dibekali kamera selfie 8 MP (f/2.2) yang dirancang dalam desain Infinity-U Display.

5. Konektivitas Lengkap + Dirilis dengan Android 12

Samsung mengatakan bahwa masa update sistem operasi yang diberikan pada Galaxy M33 5G adalah dua tahun. Ini berarti, perangkat yang dirilis dengan Android 12 berantarmuka One UI 4.1 ini bisa di-upgrade hingga Android 14.

Ini tentu sebuah hal yang patut diapresiasi, karena hingga artikel ini ditulis, masih ada sejumlah ponsel yang dirilis menggunakan Android 11 saja.

Kekurangan Samsung Galaxy M33 5G

Kelas mid-range merupakan rentang harga yang persaingannya cukup ketat. Maka dari itu, berikut kami sajikan poin-poin kekurangan yang mungkin bisa menjadi deal-breaker untuk Anda.

1. Hanya Gunakan Panel Layar TFT

Sebagai ponsel yang hadir di tahun 2022, PR ponsel ini memang agak berat. Pasalnya, Galaxy M33 5G harus bersaing dengan para rival di segmennya yang sudah gunakan panel OLED.

Ya, kualitas tampilan layar PLS TFT di HP ini memang termasuk baik. Namun, tetap saja masih bisa lebih baik jika gunakan panel OLED seperti Redmi Note 11 Pro 5G, vivo V21 5G, atau bahkan saudaranya sendiri, Samsung Galaxy A33 5G. PLS TFT ini secara visual tergolong mirip dengan IPS LCD.

2. Fast Charging Terbilang Lambat + Casan Dijual Terpisah

Di saat para pesaingnya sudah tawarkan fast charging 33 W atau bahkan 67 W, Samsung Galaxy M33 5G sayangnya hanya dilengkapi dengan fast charging 25 W saja.

Ya, fitur pengisian daya cepat memang selalu jadi kelemahan ponsel Samsung di kelas menengah. Mungkin ini bertujuan agar umur baterai bisa tetap awet selama pemakaian bertahun-tahun.

3. Tanpa Stabilisasi OIS

Laman produk resmi Samsung Galaxy M33 5G di Indonesia mengungkapkan sebuah fakta yang cukup disayangkan: ponsel ini tidak dibekali dengan OIS, baik itu di kamera belakang maupun di depannya.

Padahal seperti yang kita tahu, OIS yang merupakan singkatan dari Optical Image Stabilizer ini sangat berguna di kala memotret pada kondisi berjalan ataupun berlari. Ini bertujuan agar hasil pemotretan tidak ngeblur yang diakibatkan pemotretan tidak stabil.

4. Hanya Mono Speaker

Punya hobi menonton Netflix atau mendengarkan lagu tanpa earphone? Pastinya membutuhkan suara speaker mumpuni agar pengalaman yang dirasakan bisa lebih optimal dan menyenangkan.

Dalam hal ini, sayangnya Samsung Galaxy M33 5G akan terasa kurang cocok karena hanya menyuguhkan satu speaker saja di bawah bodi (bottom firing speaker) alih-alih seperti beberapa rivalnya yang sudah suguhkan dual stereo speaker. Tampaknya harus beralih ke Samsung Galaxy A33 5G kalau memang stereo speaker adalah fitur wajib bagi Anda.

5. Tanpa IP Rating

Apabila Anda memiliki jiwa petualang yang kuat dan sering mengunjungi tempat-tempat dengan perairan, ponsel dengan fitur Ingress Protection tampaknya akan menjadi barang wajib.

Di kelas harga 4 jutaan, tidak sulit menemukan ponse yang sudah hadirkan IP Rating. Beberapa di antaranya adalah Redmi Note 11 Pro 5G dengan IP53 (aman dari percikan air) dan juga Galaxy A33 5G dengan IP67 (aman dari kerusakan akibat terendam di air pada kedalaman mencapai 1 meter selama 30 menit).

Simpulan

Tidak menghadirkan OIS, tanpa stereo speaker, dan tidak memiliki ketahanan air sama sekali adalah beberapa hal yang mesti Anda perhatikan sebelum membeli Samsung Galaxy M33 5G.

Kendati begitu, perangkat mid-range ini juga menyuguhkan sejumlah kelebihan yang sayang dilewatkan, seperti kondisi layarnya yang memukau, kemampuan fotografi yang layak, baterai yang unggul, serta performa yang cukup solid.

Samsung Z Flip 5 Rilis, Simak Harga dan Perbedaannya dengan Galaxy Z Flip 4

 Samsung baru saja merilis smartphone layar lipat terbarunya Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 dalam sebuah event Samsung Unpacked 2023 di Seoul, Korea Selatan.

Samsung Galaxy Z Flip 5 jadi perangkat layar lipat generasi https://carupi.com/ keempat Samsung, sejak perusahaan asal Korea Selatan ini mengumumkan kehadiran smartphone layar lipat Galaxy Z Flip di tahun 2020.

Sekadar informasi, begitu Samsung Z Flip 5 dirilis, Samsung langsung membuka preorder produk tersebut di Indonesia mulai 26 Juli hingga 17 Agustus 2023.

Adapun Samsung Z Flip 5 di Indonesia hadir dalam dua versi memori internal. Ini harga Samsung Galaxy Z Flip 5 di Indonesia:

  • Galaxy Z Flip 5 RAM 8GB dan memori 512GB: Rp 17.999.000.
  • Galaxy Z Flip 5 RAM 8GB dan memori 256GB: Rp 15.999.000.

Spesifikasi Galaxy Z Flip 5

Galaxy Z Flip 5 hadir dengan layar utama Super AMOLED berukuran 6,7 inci. Layar tersebut sudah dilindungi dengan Gorilla Glass Victus 2.

Perangkat ini sudah didukung sertifikasi anti air IPX8, rangka Armor Aluminum, dan Corning Gorilla Glass Victus 24 yang dipasang di Flex Window dan bagian belakang perangkat. Perangkat ini juga didukung engsel Flex Hinge.

Galaxy Z Flip 5 memiliki cover screen lebih besar 3,4 inci. Selain itu, layar depan Samsung Galaxy Z Flip5 yang lebih besar ini juga datang dengan fitur yang lebih kaya dibandingkan sebelumnya.

Salah satunya adalah 11 widget yang bisa dipasang di cover screen-nya. Sementara untuk refresh rate-nya mencapai 60Hz.

Samsung Galaxy Z Flip 5 5G didukung baterai 3.700 mAh dengan fast charging 25W.

Baca Juga : 

Harga HP Tecno Spark 10 Pro Baru di Indonesia dan Spesifikasinya

Cek Spesifikasi dan Harga Infinix Hot 30 Play yang Baru Meluncur di Indonesia, Hadir dengan Kapasitas Baterai Jumbo

Perbedaan Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Flip 4

Layar Utama

Galaxy Z Flip 5 memiliki layar 6,7 inci jenis Dynamic AMOLED 2X, dengan refresh rate 120Hz dan HDR10+.

Begitu juga dengan Galaxy Z Flip 4 yang memiliki layar 6,7 inci kenis Dynamic AMOLED 2X, refresh rate 120Hz dan HDR10+.

Layar Cover

Galaxy Z Flip 5 memiliki layar cover sebesar 3,4 inci jenis Super AMOLED yang mampu memuat 11 widget. Layar sekunder ini dilengkapi Gorilla Glass Victus 2.

Galaxy Z Flip 4 punya layar 1,9 inci jenis Super AMOLED dengan perlindungan Gorilla Glass Victus+.

Platform OS

Galaxy Z Flip 5 didukung sistem operasi Android 13 dengan One UI 5.1.1. Sementara Galaxy Z Flip 4 baru menggunakan Android 12 yang bisa update Android 13 dan One UI 5.1.

Chipset

Galaxy Z Flip 5 menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2. Dengan grafis Adreno 740

Sementara Galaxy Z Flip 4 menggunakan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 dengan grafis Adreno 730.

Memori Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Flip 4

Galaxy Z Flip 5 menggunakan RAM 8GB dengan opsi memori 256GB dan 512GB. Jenis memori yang dipakai adalah UFS 4.0.

Di sisi lain, Galaxy Z Flip 4 menggunakan RAM 8GB dengan memori internal 128GB, 256GB, dan 512GB. Jenis memori yang dipakai adalah UFS 3.1.

Kamera

Pada kamera utama, Galaxy Z Flip 5 punya kamera 12 MP, f/1.8, 24mm (wide), 1/1.76″, 1.8µm, Dual Pixel PDAF, OIS dan kamera ultrawide 12MP dengan f2.2 dan sudut lebar 123 derajat. Kamera selfienya berjenis wide 26mm 10MP dengan f2.2.

Sementara kamera Galaxy Z Flip 4 punya kamera utama 12 MP, f/1.8, 24mm (wide), 1/1.76″, 1.8µm, Dual Pixel PDAF, OIS dan kamera ultrawide 12 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide), 1.12µm. Adapun kamera selfie-nya berjenis wide 10MP dengan f2.4.

Perbandingan Baterai Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Flip 4

Harga HP Tecno Spark 10 Pro Baru di Indonesia dan Spesifikasinya

Tecno Spark 10 Pro telah hadir di Indonesia sebagai alternatif HP murah sbobet88 untuk Anda. Tentu tidak sekadar murah, produk ini juga membawa spesifikasi yang cukup mewah.

Di Indonesia, harga HP Tecno Spark 10 Pro ada di kelas Rp 2 jutaan saja. Harga itu diakui sangat murah jika melihat spesifikasi yang dibawanya.

Spesifikasi HP Tecno Spark 10 Pro

Tecno Spark 10 Pro bekerja dengan mengandalkan prosesor Helio G88 dari MediaTek. Prosesor ini terbilang sudah lebih dari cukup untuk harga HP Tecno Spark 10 Pro yang ada di kelas Rp 2 jutaan.

Untuk menyempurnakan performanya, ada RAM 8GB dengan teknologi penambahan kapasitas MemFusion 8GB. Di Indonesia tersedia dua pilihan varian, yaitu dengan memori internal 128GB dan 256GB.

Di bagian layar, Tecno Spark 10 Pro juga tampil cukup menarik. Layar dengan panel IPS yang digunakan sudah mampu menampilkan resolusi hingga FHD+ dan refresh rate hingga 90Hz.

Dengan ukuran 6,8 ini, layar Tecno Spark 10 Pro jelas akan nyaman untuk berbagai kebutuhan multimedia, termasuk bermain game.

Baca Juga : 

Cek Spesifikasi dan Harga Infinix Hot 30 Play yang Baru Meluncur di Indonesia, Hadir dengan Kapasitas Baterai Jumbo

Spesifikasi Lengkap Itel S23 256GB, Smartphone dengan RAM 16GB dan Kamera 50MP yang Dijual Rp 1,5 Jutaan di Indonesia

Di sektor kamera, Anda bisa mengandalkan jasa kamera 50MP dengan fitur wide angle di bagian belakang. Tersedia juga lensa bokeh 0,08MP untuk memberikan variasi dalam mengambil foto.

Untuk kebutuhan selfie dan video call, rasanya kamera depan 32MP yang digunakan sudah sangat baik. Apalagi jika mengingat harga HP Tecno Spark 10 Pro yang hanya Rp 2 jutaan.

Baik kamera depan maupun belakangnya juga sudah mampu merekam video dengan kualitas hingga 1440p@30fps.

Sebagai penyempurna, Tecno Spark 10 Pro dibekali baterai 5.000 mAh dengan fast charging 18W. Fitur yang cukup standar untuk produk di kelas ini.

Harga HP Tecno Spark 10 Pro

Jika mencarinya di marketplace, harga HP Tecno Spark 10 Pro untuk kedua variannya ada di kelas Rp 2 jutaan.

Varian 8/128GB dibanderol mulai dari Rp 2,1 jutaan, sementara varian 8/256GB dibanderol mulai dari Rp 2,4 jutaan saja.

Jika melihat detail spesifikasinya, Tecno Spark 10 Pro memang sangat cocok untuk Anda yang memiliki budget terbatas tapi tetap menginginkan HP dengan performa papan atas.