Empat Teknologi Senjata Jerman yang Mengubah Dunia

Perang tidak hanya meninggalkan derita, kematian, atau https://www.ligamalaysia.net/ merubah geopolitik. Perang termasuk jadi etalase pamer kemajuan teknologi dan industri senjata. Jerman dalam gejolak Perang Dunia II harus diakui telah meninggalkan warisan yang merubah dunia teknologi militer.

Baik di darat, laut, maupun udara, Jerman punya senjata-senjata canggih yang tak dimiliki Sekutu. Sayangnya bagi Der Führer Adolf Hitler, pengembangan senjata-senjata canggih itu terlambat. Hanya secuil dari beragam rencana senjata jempolan Jerman yang sempat digunakan di palagan lantaran mayoritas baru rampung menjelang perang berakhir.

Alhasil, senjata-senjata itu dicontek dan dikembangkan oleh para pemenang Perang Dunia II: Uni Soviet, Inggris, dan Amerika Serikat. Berikut empat dari senjata itu yang sesudah itu jadi cikal-bakal pengembangan senjata yang tenar hingga kala ini:

Sturmgewehr 44.

Infantri dengan kata lain pasukan darat menjadi inti kemampuan militer suatu negara. Kecanggihan senjata turut menentukan ketangguhan mereka. Salah satu pegangan pasukan infantri Jerman-Nazi paling kondang adalah Sturmgewehr 44 (StG-44).

“Senjata ini adalah papa dari segala senapan serbu yang dikembangkan pada 1941-1942. Senjata ini mengenalkan rencana penggunaan peluru pendek baru bersama jangkauan terbatas agar semburan tembakannya sanggup lebih terkontrol dan karena berdasarkan bahwa umumnya senapan menembakkan peluru bersama jarak 400 mtr. saja,” ungkap Ian Hogg dan Terry Gander dalam Jane’s Guns Recognition Guide.

StG-44 adalah senapan serbu otomatis modern pertama dunia yang desainnya berhulu pada otak Hugo Schmeisser, pengembang senjata andalan Hitler. Schmeisser banyak merancang senapan mesin ringan, antara lain Maschinenpistole 40 (MP-40), yang menjadi pegangan formal tentara Jerman; dan senapan laras panjang Karabiner 98k (Kar-98).

StG-44 berdimensi panjang 94 cm dan bobot 5,13 kg kecuali magasinnya terisi penuh 30 peluru berukuran 7,92×33 mm. Ia lebih pendek dari senapan mesin enteng Jerman lain yang berukuran 7,92×57 mm. Dalam semenit, StG-44 sanggup menyemburkan 500-600 peluru kaliber 8 mm bersama jarak efektif 300 mtr. dalam mode otomatis, dan juga 600 mtr. pada mode semi-otomatis. StG-44 bagaikan paduan MP-40 dan Kar-98, lantaran sanggup menyemburkan peluru layaknya lazimnya senapan mesin enteng tapi akurat sebagaimana senapan laras panjang.

Oleh Schmeisser, senjata ini diberi nama Maschinenpistole 44 (MP-44). Tetapi ketika diperkenalkan kepada Hitler, namanya diganti menjadi Sturmgewehr 44 (StG-44) sebagai bagian dari usaha propaganda. Sebagai percobaannya, StG-44 dipasok untuk Waffen-SS atau pasukan Schutzstaffel, paramiliter Partai Nazi di front Timur medio 1943. Pasukan regular AD Jerman menyusul sesudah itu meski selalu mengadopsi nama awal MP-44.

Sejak 1943 hingga akhir perang, StG-44 diproduksi lebih dari 420 ribu pucuk oleh C.G. Haenel Waffen und Fahrradfabrik. Lantaran tergolong terlambat menjadi pegangan pasukan SS maupun pasukan reguler, StG-44 gagal membantu merubah jalannya perang untuk Jerman. Empat tahun pasca-perang, cetak biru StG-44 dicontek pengembang senjata Uni Soviet Mikhail Kalashnikov, yang sesudah itu merancang senapan serbu paling beken di jagat: Avtomat Kalashnikova dengan kata lain AK-47.

Type XXI Elektroboot

Di laut, Jerman sebagai jago perang perairan bersama memanfaatkan Unterseeboot (U-Boot), terhitung memiliki alutsista canggih berbentuk Type XXI Elektroboot. Ia adalah style kapal selam (kasel) bertenaga listrik pertama dunia yang sukses beroperasi.

Namun layaknya halnya senapan StG-44, kemunculan kasel ini terlambat. Hingga akhir perang, hanya empat yang sukses dibangun dan baru dua yang sanggup digunakan Kriegsmarine (AL Jerman): U-2511 dan U-3008.

Mengutip Erich Groner, Dieter Jung, dan Martin Maass dalam U-Boats and Mine Warfare Vessels: German Warships 1815-1945, Elektroboot Tipe XXI ini baru dibangun mulai 1943 oleh tiga manufaktur: Blohm & Voss di Hamburg, AG Weser di Bremen, dan Schichau-Werke di Danzig bersama memanfaatkan rencana proses tenaga penggerak perhydrol ciptaan ilmuwan roket Hellmuth Walter. Sebagai alternatif dari tenaga listrik yang menjadi penggerak utama kasel ini adalah disel. Kombinasi ini umum digunakan dalam U-Boat Jerman.

Tipe XXI memiliki postur panjang 76,70 meter, lebar delapan meter, dan bobot 1.819 ton. Selain disempurnakan dua mesin disel bersama enam silinder, Type XXI ditenagai dua mesin listrik Siemens-Schuckert. Hasilnya tak hanya memiliki kecepatan yang lebih laju, 15,6 knot di permukaan dan 17,2 knot waktu menyelam, Type XXI sanggup melenggang di bawah kapal-kapal musuh bersama tidak terdeteksi sonar karena nada mesinnya lebih kalem ketimbang kasel-kasel Jerman bertenaga disel.

Type XXI sanggup menyelam hingga 75 jam sebelum harus isi kembali baterai-baterai mesin listriknya. Ia terhitung sanggup menyelam hingga kedalaman 240 meter. Standarnya, Type XXI dipersenjatai enam tabung torpedo diameter 21 inci dan empat meriam C/30 diameter 0,79 inci di geladaknya, dan diawaki 54 personil.

Baca Juga : Jerman Kecam Upaya Israel Tetapkan UNRWA sebagai Organisasi Teroris

Dari empat Type XXI yang diproduksi, baru dua unit yang sempat bertugas. Kasel U-2511 yang dikapteni Korvettenkäpitan Adalbert Schnee baru sekali mencicipi tugas patroli sebagai bagian dari Flotilla ke-11 U-Boat pada 3-6 Mei 1945. Pasca-perang, ia diubah untuk dijadikan kasel penelitian bawah laut.

Sementara, U-3008 yang dipimpin Kapitänleutnant Fokko Schlömer baru berlayar pada 3 Mei 1945 untuk tugas patroli. Tapi ia disergap kapal-kapal Sekutu di hari yang sama. Ia dirampas dan diubah menjadi USS U-3008. Beberapa tahun sehabis perang berakhir, cetak biru Elektroboot Jerman ini dicontek para pemenang perang layaknya Amerika (kasel kelas Tench, Tang, Gato, dan Balao), Inggris (kelas Porpoise), Uni Soviet (kasel kelas Whiskey), lebih-lebih China (kelas Ming); dan negeri netral Swedia (kelas Hajen).

Messerschmitt Me-262

Setelah Perang Dunia II, kemampuan udara merupakan unsur signifikan penentu kemenangan suatu pihak. Amerika dan Rusia selalu bersaing menjadi terdepan sebagai produsen pesawat jet tempur generasi kelima macam F-22 dan F-35 (Amerika) atau Sukhoi Su-57 (Rusia).

Harus diakui, Jermanlah pemilik jet tempur pertama di dunia yang aktif beroperasi. Inggris boleh mengklaim sebagai yang pertama memiliki rencana jet tempur lewat Frank Whittle (Power Jets Ltd.) pada 1936. Tetapi hasilnya berbentuk jet tempur Gloster Meteor F8 baru aktif operasional pada medio Juli 1944. Sementara Luftwaffe (AU Jerman) lewat pabrikan Messerschmitt yang mendesain jet tempur Me-262 di tahun yang mirip layaknya Whittle, telah memanfaatkan jet tempurnya pada April 1944.

Maka Messerschmitt Me-262 sebagai jet tempur pertama di medan perang. Ia terhitung diproduksi massal, sebanyak 1.430 buah hingga akhir Perang Dunia II. Messerschmitt mengakibatkan dua varian, yakni varian Schwalbe (walet) untuk pesawat tempur, dan Sturmvogel (burung pemangsa) untuk pesawat pembom ringan.

Menukil The Illustrated Directory of Fighting Aircraft of World War II karya Bill Gunston, pesawat Me-262 dirancang Willy Messerschmitt lewat proyek pengembangan P.1065 bersama mengambil alih rencana mesin jet ciptaan Hans Joachim Pabst von Ohain sejak 1936. Sayangnya waktu perang telah bergejolak, Messerschmitt terhalang SDM dan bahan baku, mengingat mayoritas insinyurnya dikerahkan untuk mengolah massal pesawat Bf-109 dan Me-209 atas perintah Reichsmarschall Hermann Göring.

Dengan keterbatasan SDM dan bahan baku, Messerschmitt perlahan sanggup selesaikan proyek jet tempur berdimensi 10,6 mtr. x 12,6 mtr. dan juga bobot 6.472 kg itu pada April 1941. Me-262 ini dipersenjatai empat senapan mesin MK-108 (30mm), 24 roket R4M, dan berkemampuan memuat dua bom 250kg. Saat test flight pada Juli 1942, Me-262 yang ditenagai dua mesin turbojet Junkers Jumo 004B-1 sanggup capai kecepatan maksimum 900 km/jam bersama jarak terbang maksimum 1.050 km.

Hitler mulanya enggan memberi lampu hijau untuk mengolah massalnya lantaran lebih mendambakan memperbanyak mengolah pesawat pembom berat. Tetapi berkat bujukan Menteri Persenjataan dan Produksi Perang Albert Speer, Hitler mengizinkan mengolah massal dan Me-262 aktif masuk Luftwaffe pada awal 1944. Sebagai permulaan, Me-262 ditaruh di Jäger Erprobungskommando (EKdo) atau unit pendidikan dan percobaan Luftwaffe pimpinan Kapten Werner Thierfelder pada April 1944

Ketika Me-262 mengudara, tak satupun pesawat tempur Sekutu –yang masih bermesin propeler– sanggup menandingi kecepatannya. Namun penggunaan Me-262 lebih banyak untuk menyerang balik pesawat-pesawat pembom Sekutu yang kian intens membombardir wilayah Jerman sejak awal 1945, bukan untuk pertempuran antarpesawat tempur (dogfight).

“Ini pesawat Blitzkrieg (penyerang kilat). Tak pernah dimaksudkan untuk menjadi dogfighter (petarung udara), melainkan penghancur pesawat-pesawat pembom. Tetapi kelemahan utamanya, Me-262 tak memiliki rem tukik untuk mengakibatkan Anda sanggup menjauhkan tabrakan bersama pesawat pembom yang diserang. Ia harus telah bermanuver menahan dari jarak 200 meter,” ujar Kapten Eric Brown, perwira penerbang AL Inggris yang menjajal Me-262 pasca-perang, dikutip Steve J. Thompson dan Peter C. Smith dalam Air Combat Manoeuvres.

Vergeltungswaffe-2

Selain jet tempur, negeri-negeri adidaya lazimnya ditakuti karena memiliki misil balistik jarak jauh. Sebelum Amerika, Inggris, India, Rusia, dan Korea Utara memiliki senjata ICBM (Intercontinental Ballistic Missile) reguler maupun berhulu ledak nuklir, Jerman telah menggunakannya bersama misil balistik Vergeltungswaffe-2 (V-2). Misil jarak jauh pertama itu merupakan pengembangan dari roket V-1 dengan kata lain bom terbang yang menjadi embrio misil jelajah.

V-2 merupakan buah pikiran dari Dr. Wernher von Braun, ilmuwan roket yang mengembangkan LPR (liquid-propellant rocket) atau roket bertenaga bahan bakar cair lewat proyek “Aggregat” sejak 1941. Dibantu para ilmuwan lain dari pusat penelitian Angkatan Darat Heeresversuchsanstalt di Peneemünde, Von Braun terhitung memanfaatkan belasan ribu pekerja paksa dari kamp konsentrasi Mittlebau-Dora untuk mengerjakan web site konstruksinya di Mittlewerk.

Per 18 Maret 1942, proyek itu rampung dan senjata yang dinamai Aggregat 4 (A-4) itu mulai menjalani serangkaian uji coba meskipun uji coba yang sukses baru berjalan tujuh bulan berselang. Misil itu, menukil Michael Neufeld dalam biografi Wernher von Braun: Dreamer of Space, Engineer of War, berbobot 12.500 kg bersama panjang 14 mtr. dan diameter 1,65 meter. Ia sanggup meluncur bersama jarak maksimal 88 km (206 km vertikal) bersama kecepatan 5.760 km/jam berkat tenaga roket yang memuat 3.810 kg etanol dan 4.910 oksigen cair.

Sampai akhir perang, Jerman sanggup mengolah misil ini hingga 5.200 unit. Misil-misil V-2 itu menjadi senjata teranyar yang dioperasikan tiga batalyon di kesatuan AD Generalkommando XXX pimpinan Jenderal Artileri Erich Heinemann mulai September 1944, dan juga SS Werfer-Abteilung 500 di bawah komando Letjen Hans Kammler mulai Oktober 1944.

Lantaran waktu itu wilayah Jerman telah intens menjadi sasaran bombardir udara Sekutu yang berbasis di Inggris, Hitler menuntut senjata anyar itu diluncurkan sebagai balasan bersama menyasar perkotaan, bukan basis militer. Maka nama misil A-4 sesudah itu diganti menjadi V-2 (vergeltungswaffe) dengan kata lain senjata balas dendam.

Masa-masa teror terdahsyat Hitler bersama V-2 berjalan dalam kurun 12-20 Oktober. Tercatat 3.161 V-2 menyasar kota-kota di Belgia, Inggris, Prancis, dan Belanda. Banyak korban jatuh dari warga sipil. Di London saja capai 2.754 jiwa.

“Saya merasakan penyesalan mendalam untuk para korban roket V-2, tapi selalu ada korban di ke dua belah pihak… Perang adalah perang dan ketika negara aku berperang, telah menjadi kewajiban aku mengusahakan membantu kemenangan peperangan itu,” tutur Von Braun tentang hasil karyanya yang digunakan Hitler untuk menarget warga-warga sipil, dikutip Neufeld.

Warisan Von Braun ini selanjutnya dikembangkan dalam wujud ICBM dan roket luar angkasa mengingat Von Braun direkrut NASA pasca-perang. Von Braun memanfaatkan rencana V-2-nya untuk membangun roket Saturn V dalam program Apollo pada 1960-an.

Mengapa Jerman Ahli Dalam Teknologi dan Sains?

Jerman merupakan negara https://cityservetrivalley.org/ federal di Benua Eropa dan sebagai negara ekonomi terbesar di sana. Negara ini selamanya berinovasi pada ilmu pengetahuan, teknologi, kedokteran, hingga sains. Jadi tidak heran seandainya negara ini menjadi poros teknologi dunia. Tentu perihal itu tidak bakal berlangsung begitu saja. Hal ini pasti melalui sistem yang panjang dan perjuangan yang tidaklah mudah. Sinkronisasi pemerintah dan rakyatnya terkait dengan baik agar sanggup menyerap berbagai informasi berasal dari dua arah.

Jerman Ahli Dalam Teknologi dan Sains

Banyak sekali inovasi baru yang lahir berasal dari negara ini yang selamanya sanggup apresiasi baik bagi negaranya maupun negara lain. Di balik itu, terkandung alasan-alasan lain yang menopang mengapa Jerman sanggup menjadi poros bagi teknologi dunia.

Alasan pertama yang menjadikan kuatnya perekonomian suatu negara adalah di bidang pendidikan, terhitung terhitung adalah riset. Apresiasi negaranya pada sebuah riset tidaklah tanggung-tanggung. Mereka tidak curiga untuk mengcover semua cost riset atau penelitian pada para ilmuwan mereka.

Kemudian, untuk ilmuwan yang sukses pada risetnya, bakal meraih royalti yang besar lebih-lebih penemuannya bakal segera dipatenkan. Dari sini nampak bahwa negara Jerman sangatlah mengapresiasi dan mengimbuhkan pertolongan yang penuh untuk pendidikan dan penelitian.

Sehingga tidak heran kecuali para ilmuwan berlomba-lomba untuk berinovasi pada riset dan meningkatkan karyanya. Jadi tidak heran kecuali negara ini sanggup menjadi poros bagi teknologi dunia.

Tidak dulu mulai puas

Alasan ke dua mengapa Jerman menjadi salah satu poros bagi teknologi dunia adalah rasa tidak dulu puas. Salah satu prilaku manusia adalah tidak dulu mulai puas. Negara ini selamanya mengembangkan inovasi pada penelitian sebelumnya. Semua orang percaya bahwa tidak ada suatu hal yang sempurna. Akan selamanya ada celah untuk sebuah inovasi pada tiap-tiap karya. Hal itulah yang menjadikan negara ini selamanya memperbaiki ketidak sempurnaan.

Mereka selamanya lahap bakal ilmu ilmu dan teknologi, tapi tidak lekas suka pada yang telah diperolehnya. Sikap ini mereka turunkan kepada anak cucu di negara ini. Mereka selamanya menanamkan rasa mengidamkan mengerti pada suatu hal perihal yang baru. Bukankah ini yang pantas ditiru?

Baca Juga: Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia

Berusaha bangkit

Siapa sangka di balik majunya teknologi yang jerman hingga menjadi poros teknologi dunia ternyata masih membekas sayatan pedih pasca perang dunia ke II? Ternyata salah satu alasan yang membuat negara ini mengerti dan tidak mengidamkan kembali ke jaman suram adalah kebangkitan.

Mereka tau langkah untuk bangkit berasal dari keterpurukan adalah pendidikan dan penelitian. Maka berasal dari itu, mereka konsisten berusaha dan berinovasi untuk selamanya menjadi yang terdepan didalam dunia ilmu pengetahuan.

Kini, pondasi utama yang membentengi negara ini tidak lain adalah pendidikan dan pengetahuan.

Belajar berasal dari kesalahan

Tidak ada penelitian tanpa kesalahan. Dan Jerman percaya bahwa tiap-tiap kekeliruan adalah jalan untuk menuju kebenaran. Jerman memiliki mindset, penelitian tanpa kekeliruan adalah nol.

Mereka harus melalui kekeliruan terlebih dahulu untuk capai kajian-kajian yang benar dan sanggup dipertanggung jawabkan. Mereka tidak was-was untuk salah dan selamanya berkenan studi dan juga tidak selamanya mulai paling benar.

Itulah mengapa negara ini selamanya meraih apa obyek yang mengidamkan mereka capai, hingga menjadi poros bagi teknologi dunia layaknya sekarang.

Memiliki gen para ilmuwan

Jika diingat-ingat lagi, bukankah sejak dahulu Jerman merupakan negara para penemu? Bahkan hingga populer dengan sebutan Das Land der Erfinder atau negara tempatnya para penemu. Bukan cuma satu, penemu pionir berasal dari negara ini jumlahnya capai ratusan.

Contohnya saja penemu mesin cetak, pc digital, balon udara, mesin diesel, pengebor elektronik, lebih-lebih ilmuwan fisika bernama Albert Einstein berasal berasal dari jerman.

Berkaca berasal dari banyaknya ilmuwan yang terlahir di Jerman, tidak heran kembali mengapa negara ini sukses menjadi poros bagi teknologi di dunia.

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia

Negara Teknologi Paling Maju di Dunia

Mungkin Anda bisa menebak https://cityservetrivalley.org/ Jepang, Jerman, Amerika Serikat, dalam daftar ini. Namun terkandung beberapa negara yang bisa menjadi mengejutkan Anda. Ini dia 10 negara terdepan dalam menggunakan kapabilitas teknologi informasi.

1. Finlandia

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 1Finlandia populer bersama proyek berteknologi tinggi dan kehebatannya. Negara kelahiran Nokia ini sempat memimpin dalam teknologi komunikasi selama belasan tahun, dan sekarang berfokus pada biosciences, kekuatan dan ilmu lingkungan, dan telah tawarkan ribuan beasiswa untuk para ilmuan muda dari seluruh dunia.

2. Tiongkok

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 2Saat ini Tiongkok kerap disebut-sebut sebagai negara adikuasa berikutnya, padahal hal berikut telah terjadi. Dalam 10 tahun terakhir, Tiongkok telah menoreh prestasi dalam perkembangan besar di bidang teknologi. Saat ini, para ilmuwan Tiongkok berfokus pada robotik, semikonduktor, kereta berkecepatan tinggi, superkomputer, genetika dan mobil.

3. Kanada

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 3Kanada memiliki sektor teknologi yang terlalu maju. Pemerintah Kanada terlalu mendorong ilmu dan penelitian. Tak cuma berfokus pada biotechnoloy, Kanada juga repot menciptakan mesin hubungan nirkabel dan mesin bermerek supersonik bermesin ganda, Avro Arrow.

4. Inggris

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 4Inggris adalah negara industri moderen pertama di dunia. Sebut saja mesin jet, mesin lokomotif, World Wide Web, motor listrik, bola lampu pijar dan telegraf listrik komersial seutuhnya ditemukan di Wilayah Inggris. Baru-baru ini, Inggris mengutamakan diri pada teknologi militer juga kendaraan tempur tanpa awak, BAE Systems Taranis. Teknologi ini membuahkan hasil yang spektakuler di medan perang di Irak.

5. Rusia

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 5Rusia adalah produsen berat dan penemu teknologi senjata dan proses pertahanan. Negara ini memiliki tidak benar satu proses pertahanan berteknologi tinggi terbaik, juga mengekspor peralatan pertahanan ke banyak negara di dunia. Sistem rudal Rusia S300, S400, S500 dan ICBM terlalu efisien daripada yang lainnya di dunia. Baru-baru ini Rusia menempatkannya di S300 di Timur Tengah di Suriah dan bisa menghambat Angkatan Udara yang paling kuat di Wilayah ini, Israel.

Baca Juga: Penemu Teknologi di Indonesia Ini Wajib Kamu Ketahui

6. Jerman

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 6Jerman sejak berabad-abad merupakan negara bersama teknologi tinggi. Teknologi otomotif Jerman luar biasa bersama brand besar seperti Mercedes-Benz, Audi, BMW, Volkswagen dan Porsche. Baru-baru ini Jerman juga memimpin dalam hal Industri Pertahanan bersama mengolah kapal selam Dolphin yang dijual ke Israel.

7. Israel

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 7Sekitar 35% ekspor Israel terkait bersama teknologi. Israel adalah satu di pada lima besar ilmu antariksa. Hal ini juga dikenal gara-gara inovasi di industri pertahanan seperti Iron Dome yang legendaris gara-gara sukses memblokir seluruh serangan rudal dari Gaza selama konflik 2014. Israel mengembangkan kendaraan hawa tak berawak pertama (UAV) bersama pengawasan real-time.

8. Korea Selatan

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 8Tahukah Anda kecepatan internet kebanyakan di Korea Selatan tiga kali lipat di AS? Korea Selatan juga merupakan area kelahiran perusahaan teknologi seperti LG, Hyundai, dan Samsung. deretan brand yang sukses berkompetisi bersama brand teknologi global seperti Apple dan Toyota. Ilmuwan Korea Selatan telah beri tambahan kontribusi berarti di bidang seperti robotik.

9. Amerika Serikat

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 9Eksplorasi area angkasa, farmasi, proses pertahanan dan telekomunikasi telah menjadi fokus utama Amerika Serikat selama beberapa dekade. Amerika memiliki militer paling kuat dan berteknologi maju di dunia melalui perusahaan teknologi terbesar di dunia seperti Google, Facebook, Apple, Intel, IBM dan Microsoft. Deretan teknologi raksasa yang telah membuat perubahan langkah hidup orang di seluruh dunia.

10. Jepang

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 10Semua mengakuinya, Jepang adalah negara yang menggapai hasil di tiap tiap bidang: terasa dari teknologi bio hingga robotika. Jepang populer bersama penelitian ilmiahnya yang telah beri tambahan kontribusi yang terlalu besar di beragam bidang seperti mobil, elektronik, mesin, tehnik gempa, optik, robotik industri, logam dan semi konduktor. Peneliti Jepang pun telah memenangkan banyak penghargaan Nobel.

Penemu Teknologi di Indonesia Ini Wajib Kamu Ketahui

Penemu teknologi tak hanya berasal https://cityservetrivalley.org/ dari luar negeri. Ada pula para penemu dan pakar teknologi asal Indonesia yang sudah menopang mengembangkan kemajuan teknologi dunia. Yuk, liat lengkapnya di sini!

Teknologi kian berkembang dari waktu ke waktu. Hal itu tak terlepas dari temuan para ahli, juga para pakar yang berasal dari Indonesia. Tanpa disadari, penemu teknologi di Indonesia jadi jadi tambah dan berperan penting terhadap perkembangan teknologi dunia dan dianggap secara internasional.

7 Penemu Teknologi di Indonesia yang Diakui Internasional

Bagi kamu mahasiswa Jurusan Teknik, mesti menyadari beberapa penemu teknologi di Indonesia. Yuk, liat di sini bersama dengan ITEBA.

1. Dr. Khoirul Anwar – penemu teknologi broadband

Penemu yang satu ini membawa dampak ponsel dan kartu perdanamu dapat menangkap jaringan 4G. Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Nara Institute of Science and Technology punyai paten 4G berbasis Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM). Teknologi broadband ini diciptakan olehnya dan menjadi langkah awal terciptanya mobile 4G LTE. Dr. Khoirul Anwar sudah dianggap sebagai salah satu peneliti asal Indonesia terbaik di Jepang.

2. Prof. Ir. R.M. Sedyatmo – penemu pondasi cakar ayam

Pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1934 ini menemukan proses arsitektur infrastruktur yang dikenal bersama dengan pondasi cakar ayam. Salah satu daerah yang pakai pondasi cakar ayam Prof. Ir. R.M. Sedyatmo adalah landasan pacu pelabuhan udara Soekarno Hatta.

3. Yogi Ahmad Erlangga – rumus matematika di dalam perminyakan

Pria yang dulu menempuh pendidikan di Delft University of Technology, Belanda, ini tercatat sebagai doktor Matematika termuda. Ia menemukan rumus untuk merampungkan beraneka persoalan perminyakan dan kemampuannya menarik perhatian perusahaan minyak dunia, yaitu Shell.

4. Randall Hartolaksono – bahan bakar anti-panas dan anti-api

Pada mulanya, inspirasi yang ia cetuskan diremehkan oleh banyak orang. Namun, pria lulusan University of London ini pantang menyerah dan berusaha merealisasikan idenya untuk menciptakan bahan bakar anti-panas dan anti-api. Pada akhirnya, pria ini justru dihargai dan dianggap oleh perusahaan otomotif dunia, layaknya Petronas, dan Ford.

5. Muhammad Nurhuda – kompor ramah lingkungan

Muhammad Nurhuda adalah dosen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya yang berhasil menciptakan kompor ramah lingkungan. Setelah ditunaikan pengujian, kompor hasil ciptaan Muhammad Nurhuda ini membuahkan limbah di bawah batas minimum yang ditetapkan WHO. Kompor ramah lingkungan ini sudah menarik perhatian negara-negara Asia Pasifik dan Amerika.

Baca Juga: Produk Apple Terburuk Sepanjang Masa, Ada yang Mirip iPad

6. Dr. Warsito P. Taruno – penemu alat pembunuh sel kanker

Dr. Warsito P. Taruno adalah peneliti Indonesia yang dulu berkarier di Shizuoka University, Jepang. Sepulangnya dari Jepang, ia bermaksud menginginkan menopang sang kakak untuk menyintas kanker payudara stadium IV. Kemudian, ia membawa dampak alat pembunuh sel kanker. Alhasil, tercipta alat terapi yang disebut breast cancer electro capacitive therapy.

7. Tjokorda Raka Sukawati – penemu proses penyangga jalan layang

Tjokorda Raka Sukawati adalah insinyur Indonesia yang menemukan konstruksi Sosrobahu, memudahkan pembangunan jalan layang tanpa mengganggu arus selanjutnya lintas terhadap waktu pembangunannya. Temuan Tjokorda digunakan insinyur Amerika Serikat untuk membangun jembatan di Seattle.

Itulah tujuh penemu teknologi di Indonesia yang mesti kamu ketahui. Tertarik menemukan ilmu-ilmu lain di bidang Sains dan Teknik? Yuk, berhimpun menjadi mahasiswa Institut Teknologi Batam (ITEBA).

Kini tengah dibuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang ke-4 periode Juli dan Agustus, dan seluruh proses pendaftaran serta Tes Potensi Akademik ditunaikan secara daring. Ada juga jalan beasiswa Akademik dan Non-Akademik bagi kamu yang berprestasi.

Produk Apple Terburuk Sepanjang Masa, Ada yang Mirip iPad

Apple dikenal sebagai salah https://cityservetrivalley.org/ satu perusahaan teknologi raksasa yang telah memproduksi banyak produk memiliki kualitas tinggi dan sukses di pasaran. Bahkan, Apple disebut-sebut sebagai salah satu perusahaan paling inovatif di dunia. Produk milik Apple, layaknya Macintosh, iPhone, dan iPad adalah lebih dari satu inovasi perlu di dalam peristiwa teknologi.

Meski Apple dikenal sebagai perusahaan teknologi yang hebat, bukan artinya mereka tidak dulu gagal. Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak ini dulu merilis lebih dari satu produk yang bisa dikatakan gagal. Apakah anda mengingat sederet produk gagal Apple ini?

1. Apple III

Komputer ini merupakan penerus Apple II yang sukses besar. Apple III diluncurkan pada 1980 yang sayangnya jadi kegagalan pertama yang dialami Apple. Berbagai alasan jadi penyebab kegagalan produk ini, menjadi berasal dari perangkat yang cepat panas sampai harga yang terlalu mahal. Padahal, Apple III menawarkan perubahan spesifikasi lumayan signifikan jikalau dibandingkan Apple II. Kegagalan ini jadi pelajaran punya nilai bagi Apple III dikala menjadi mengembangkan Macintosh.

2. Apple Lisa

Apple Lisa adalah computer yang diluncurkan Apple pada 1983. Ini merupakan produk gagal ke-2 berasal dari Apple. Harga Apple Lisa dinilai terlalu mahal, disempurnakan lagi bersama bermacam kasus manfaat yang tersedia di dalamnya. Konsumen pun cenderung pilih Macintosh yang harganya jauh lebih murah pada kala itu. Akhirnya, Apple Lisa berhenti memproduksi pada 1985, cuma dua tahun setelah perilisannya.

3. Macintosh Portable

Tujuan berasal dari dibuatnya Macintosh Portable sebagai upaya Apple untuk berinovasi. Macintosh Portable dibuat sebagai computer yang bisa dibawa ke mana-mana. Namun, konsep computer portabel ini mengalami banyak kendala, menjadi berasal dari bobotnya yang terlalu berat, yakni sekitar 7 kilogram, baterai yang cepat habis, sampai bersama harga yang mahal. Sederet alasan tersebut yang buat Macintosh Portable tergolong di dalam jajaran produk gagal Apple.

4. Apple Newton

Apple Newton bisa dibilang merupakan nenek moyang iPad. Gadget ini merupakan perangkat asisten digital (PDA) yang berwujud sama iPad atau pill era sekarang. Apple Newton dirilis pada 1993. Produk ini mengalami kegagalan lantaran keterbatasan teknologi kala itu yang belum lumayan memadai.

5. Apple eMate

Mengenal Ransomware, Kejahatan Siber yang Bisa Lumpuhkan Sistem!
Apple eMate merupakan PDA yang diluncurkan pada 1997. Bentuknya menyerupai computer mini bersama kehadiran papan ketik dan layar monokrom. Produk ini termasuk gagal di pasaran lantaran bermacam alasan, termasuk salah satunya kasus pada perangkat, menjadi berasal dari papan ketik eror atau baterai yang buruk. Meski begitu, kala itu Apple eMate memang dirilis secara terbatas, terlebih ditujukan untuk dunia pendidikan.

6. Round Mouse

Round Mouse adalah tetikus computer yang diluncurkan oleh Apple pada 1998. Bentuknya yang membulat dan transparan memicu Round Mouse nampak keren. Meski begitu, nyatanya mouse ini meraih respons yang lumayan jelek di pasar. Alasannya tentu saja karena meskipun keren, ternyata mouse ini kurang nyaman dikala digunakan.

7. iPhone 6

iPhone 6 bukanlah produk terburuk Apple secara keseluruhan. Namun, banyak yang berpendapat jikalau iPhone 6 adalah iPhone terburuk yang dulu dibuat oleh Apple. Smartphone yang dirilis pada 2014 ini banyak dikeluhkan oleh para pengguna, salah satunya seputar terdapatnya laporan jikalau iPhone 6 enteng bengkok dikala dimasukkan ke saku celana. Selain itu, iPhone 6 termasuk dianggap kurang inovatif dan tidak jauh berlainan bersama iPhone 5s.

Baca Juga: Penemuan Teknologi Aneh ini Dianggap Mampu Menyelamatkan Bumi

8. Power Mac G4 Cube

Power Mac G4 Cube adalah sebuah perangkat computer yang memang punya desain cantik dan inovatif. Tapi, penjualan Power Mac G4 Cube tidak secantik bentuknya. Produk Apple yang diluncurkan pada 2000 ini punya lebih dari satu masalah, layaknya spesifikasi yang dianggap kurang mumpuni sampai bersama banderol harga yang lumayan tinggi.

9. Macintosh TV

Macintosh TV adalah perangkat buatan Apple yang dirilis pada 1993. Macintosh TV merupakan produk inovatif yang mengkombinasikan manfaat computer dan televisi. Alih-alih sukses, produk ini tambah gagal laris di pasaran. Masalah performa jadi alasan utama di mana spesifikasi yang dibawa lumayan tertinggal oleh para kompetitor pada kala itu.

10. Apple Pippin

Tak banyak yang memahami jikalau Apple dulu memproduksi konsol game rumahan. Apple Pippin adalah konsol game hasil kolaborasi pada Apple dan Bandai yang dirilis pada 1996. Apple Pippin mengalami kegagalan karena minimnya pemasaran, performa yang kalah telak oleh kompetitor, sampai bersama jumlah game yang terbatas.

Sepuluh produk di atas menyatakan jikalau perusahaan besar sekelas Apple termasuk sering menuai kegagalan. Namun, mereka konsisten mengusahakan mengembangkan produk yang lebih baik sampai bersama sekarang. Bagaimana pendapatmu perihal deretan produk gagal Apple di atas?

Penemuan Teknologi Aneh ini Dianggap Mampu Menyelamatkan Bumi

Berikut penemuan-penemuan https://cityservetrivalley.org/ unik yang disebut sanggup selamatkan dunia. Manusia wajib melaksanakan terobosan untuk menyelamatkan Bumi, namun bagian tersulitnya adalah tahu dari mana wajib memulai.  Sebagaimana diketahui, tiap-tiap hari ada berita baru mengenai bagaimana manusia mencoba ‘menghancurkan’ planet ini bersama mengeskplorasi habis-habisan sumber daya.

Barangkali 5 penemuan ini mampu menyelamatkan dunia. Penemuan yang ramah lingkungan membuktikan bahwa manusia mampu menciptakan perubahan.  Mulai berasal dari pembuangan sampah bertenaga surya hingga gumpalan air, penemuan-penemuan ini menopang dunia bergerak menuju era depan yang lebih berkelanjutan.

Berikut penemuan teknologi yang diakui bisa menyelamatkan Bumi yang dikutip berasal dari GreekReporter,

1. Liter of Light

Pada th. 2011, gagasan mekanik asal Brazil Alfredo Moser memicu gerakan Liter of Light. Pada siang hari, Moser mampu menerangi anggota dalam rumahnya bukan memakai lampu.

Tapi dengan memadukan pemutih dan air dalam botol kosong dan memasukkannya ke dalam lubang di atap. Melalui proses pembiasan, botol air diubah menjadi sumber penerangan sekuat bola lampu berkekuatan 40 hingga 60 watt.

2. Gumpalan Air yang Bisa Dimakan

Pernah menyangka air mampu menjadi gumpalan yang mampu dimakan? Bukan batu es. Ini bahannya berasal berasal dari klorida dan rumput laut. Botolnya apalagi mampu terurai secara hayati.

Pada th. 2014, sekelompok mahasiswa desain yang berbasis di London mengembangkan prototipe yang mereka beri nama “Ooho!” Secara berurutan, Pierre-Yves Paslier dan Rodrigo Garcia González mendirikan Skipping Rocks Lab untuk memasarkan produk mereka.

3. Roda Sampah

Kincir Air yang kerap dikenal sebagai “Mr. Trash Wheel”, merupakan gabungan antara teknologi lama dan baru yang memakai kapabilitas air dan cahaya matahari untuk menghimpun sampah berasal dari Sungai Jones Falls.

Sampah dan puing-puing di sungai disatuka oleh kincir air yang digerakkan oleh arus sungai dan dibuang ke tongkang daerah sampah. Rangkaian panel surya melengkapi keperluan daya mesin saat daya berasal dari arus air tidak mencukupi.

Segera sesudah daerah sampah penuh, daerah sampah berikut dipindahkan dengan perahu, dan daerah sampah baru dibawa ke tempatnya.

Baca Juga: Prediksi Tren Teknologi di 2024 yang Bakal Bawa Perubahan

4. Sendok Bisa Dimakan

Pada th. 2010, seorang peneliti dan konsultan pertanian bernama Peesapaty berasal dari Hyderabad, India menciptakan sendok makan yang terbuat berasal dari millet, beras, dan tepung terigu. Inovasi ini mampu disimpan dua hingga tiga th. mendatang.

5. Mesin Cuci berasal dari Sepeda

Cuci baju Anda saat bepergian dengan SpinCycle, mesin cuci portabel yang mampu dipasang di hampir seluruh sepeda. Rich Hewitt memikirkannya saat bepergian di Burundi, dan dia mewujudkannya.

Dia perlu mencuci banyak cucian dengan tangan dan melacak cara yang lebih baik untuk melakukannya saat berada di sana.

Perbedaan Tekonologi Pada IOS Dan Android

Perbedaan teknologi antara iOS dan Android mencakup berbagai aspek mulai dari arsitektur sistem operasi, kebijakan pengembangan aplikasi, hingga fitur dan ekosistem yang ditawarkan. Berikut adalah beberapa perbedaan utama:

1. Arsitektur dan Sistem Operasi

iOS

  • Sistem Operasi: Dikembangkan oleh Apple Inc., iOS adalah sistem operasi eksklusif untuk perangkat Apple seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch.
  • Kernel: Berbasis kernel Darwin (berasal dari UNIX), yang menawarkan stabilitas dan keamanan tinggi.
  • Keterbukaan: Sistem operasi ini tertutup (closed-source), sehingga hanya Apple yang memiliki kendali penuh atas pengembangan dan distribusinya.

Android

  • Sistem Operasi: Dikembangkan oleh Google, Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang digunakan oleh sugar rush berbagai produsen perangkat.
  • Kernel: Berbasis kernel Linux, yang memberikan fleksibilitas dan dukungan perangkat keras yang luas.
  • Keterbukaan: Sistem operasi ini bersifat terbuka (open-source), yang memungkinkan produsen dan pengembang untuk memodifikasi dan menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

2. Antarmuka Pengguna (UI)

iOS

  • Desain: Fokus pada kesederhanaan dan konsistensi, dengan tampilan yang minimalis dan elegan.
  • Kontrol: Apple menetapkan pedoman ketat untuk desain aplikasi, sehingga aplikasi iOS cenderung memiliki tampilan dan nuansa yang seragam.
  • Gestur: Penggunaan gestur multi-touch yang intuitif untuk navigasi dan interaksi dengan aplikasi.

Android

  • Desain: Lebih bervariasi karena setiap produsen dapat menyesuaikan antarmuka (misalnya, Samsung dengan One UI, Xiaomi dengan MIUI).
  • Kontrol: Kebebasan lebih besar bagi pengembang dalam mendesain aplikasi, yang dapat mengarah pada variasi yang lebih luas dalam tampilan dan pengalaman pengguna.
  • Gestur: Meskipun mendukung gestur, implementasi dapat berbeda antar perangkat dan produsen.

3. Aplikasi dan Pengembangan

iOS

  • Bahasa Pemrograman: Aplikasi dikembangkan menggunakan Swift atau Objective-C.
  • App Store: Distribusi aplikasi hanya melalui Apple App Store, dengan proses review yang ketat untuk memastikan keamanan dan kualitas aplikasi.
  • Monetisasi: Model monetisasi yang ketat, dengan Apple mengambil komisi 30% dari penjualan aplikasi dan pembelian dalam aplikasi.

Android

  • Bahasa Pemrograman: Aplikasi dikembangkan menggunakan Java atau Kotlin.
  • Google Play Store: Aplikasi dapat didistribusikan melalui Google Play Store serta toko aplikasi pihak ketiga, dengan proses review yang lebih longgar dibandingkan App Store.
  • Monetisasi: Fleksibilitas lebih besar dalam model monetisasi, dengan komisi yang diambil oleh Google juga sebesar 30%, tetapi dengan opsi tambahan untuk distribusi alternatif.

4. Keamanan

iOS

  • Keamanan: Dikenal memiliki sistem keamanan yang kuat dengan enkripsi data, kontrol ketat terhadap aplikasi, dan pembaruan sistem yang teratur.
  • Privasi: Fitur privasi yang canggih, seperti pengelolaan izin aplikasi, pelacakan iklan yang dibatasi, dan fitur privasi lainnya.

Android

  • Keamanan: Meskipun Google terus meningkatkan keamanan Android, sistem yang lebih terbuka membuatnya lebih rentan terhadap malware dan serangan.
  • Privasi: Android juga memiliki fitur privasi yang baik, tetapi pendekatan yang lebih terbuka kadang membuat kontrol privasi lebih sulit.

5. Ekosistem

iOS

  • Ekosistem Apple: Integrasi yang erat dengan produk dan layanan Apple lainnya seperti macOS, watchOS, dan iCloud.
  • Aplikasi Bawaan: Aplikasi dan layanan bawaan yang eksklusif dan sering kali memiliki fungsionalitas yang lebih baik dalam ekosistem Apple.

Android

  • Ekosistem Google: Integrasi dengan layanan Google seperti Google Drive, Google Photos, dan Google Assistant.
  • Kustomisasi: Fleksibilitas tinggi dalam kustomisasi, memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan dan fungsi perangkat sesuai preferensi.

6. Pembaruan Perangkat Lunak

iOS

  • Pembaruan: Apple merilis pembaruan iOS secara serentak untuk semua perangkat yang didukung, memastikan adopsi cepat dan cakupan keamanan yang luas.
  • Dukungan Jangka Panjang: Perangkat iOS biasanya mendapatkan dukungan pembaruan selama 5-6 tahun.

Android

  • Pembaruan: Pembaruan Android tergantung pada produsen perangkat, yang dapat mengakibatkan fragmentasi dan penundaan dalam adopsi versi terbaru.
  • Dukungan Variabel: Dukungan pembaruan perangkat bervariasi, biasanya sekitar 2-3 tahun, tergantung pada produsen.

Kedua sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan pilihan terbaik tergantung pada preferensi pribadi serta kebutuhan spesifik pengguna.

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia

Mungkin Anda bisa menebak Jepang, Jerman, Amerika Serikat, dalam daftar ini. Namun https://303grilldallas.com/ terkandung beberapa negara yang bisa jadi mengejutkan Anda. Ini dia 10 negara terdepan dalam gunakan kemampuan teknologi informasi.

10. Finlandia

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 1Finlandia terkenal bersama dengan proyek berteknologi tinggi dan kehebatannya. Negara kelahiran Nokia ini sempat memimpin dalam teknologi komunikasi sepanjang belasan tahun, dan sekarang berfokus pada biosciences, daya dan pengetahuan lingkungan, dan sudah tawarkan ribuan beasiswa untuk para ilmuan muda berasal dari seluruh dunia.

9. Tiongkok

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 2Saat ini Tiongkok sering disebut-sebut sebagai negara adikuasa berikutnya, padahal hal berikut sudah terjadi. Dalam 10 th. terakhir, Tiongkok sudah menoreh prestasi dalam pertumbuhan besar di bidang teknologi. Saat ini, para ilmuwan Tiongkok berfokus pada robotik, semikonduktor, kereta berkecepatan tinggi, superkomputer, genetika dan mobil.

8. Kanada

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 3Kanada punya sektor teknologi yang benar-benar maju. Pemerintah Kanada benar-benar mendorong pengetahuan dan penelitian. Tak hanya berfokus pada biotechnoloy, Kanada juga sibuk menciptakan mesin interaksi nirkabel dan mesin bermerek supersonik bermesin ganda, Avro Arrow.

7. Inggris

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 4Inggris adalah negara industri moderen pertama di dunia. Sebut saja mesin jet, mesin lokomotif, World Wide Web, motor listrik, bola lampu pijar dan telegraf listrik komersial sepenuhnya ditemukan di Wilayah Inggris. Baru-baru ini, Inggris mengutamakan diri pada teknologi militer juga kendaraan tempur tanpa awak, BAE Systems Taranis. Teknologi ini membuahkan hasil yang spektakuler di medan perang di Irak.

6. Rusia

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 5Rusia adalah produsen berat dan penemu teknologi senjata dan sistem pertahanan. Negara ini punya salah satu sistem pertahanan berteknologi tinggi terbaik, juga mengekspor peralatan pertahanan ke banyak negara di dunia. Sistem rudal Rusia S300, S400, S500 dan ICBM benar-benar efisien daripada yang lainnya di dunia. Baru-baru ini Rusia menempatkannya di S300 di Timur Tengah di Suriah dan bisa menghambat Angkatan Udara yang paling kuat di Wilayah ini, Israel.

5. Jerman

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 6Jerman sejak berabad-abad merupakan negara bersama dengan teknologi tinggi. Teknologi otomotif Jerman luar biasa bersama dengan merek besar seperti Mercedes-Benz, Audi, BMW, Volkswagen dan Porsche. Baru-baru ini Jerman juga memimpin dalam hal Industri Pertahanan bersama dengan memproses kapal selam Dolphin yang dijual ke Israel.

4. Israel

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 7Sekitar 35% ekspor Israel tentang bersama dengan teknologi. Israel adalah satu di antara lima besar pengetahuan antariksa. Hal ini juga dikenal gara-gara inovasi di industri pertahanan seperti Iron Dome yang legendaris gara-gara sukses memblokir seluruh serangan rudal berasal dari Gaza sepanjang konflik 2014. Israel mengembangkan kendaraan udara tak berawak pertama (UAV) bersama dengan pengawasan real-time.

3. Korea Selatan

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 8Tahukah Anda kecepatan internet umumnya di Korea Selatan tiga kali lipat di AS? Korea Selatan juga merupakan tempat kelahiran perusahaan teknologi seperti LG, Hyundai, dan Samsung. deretan merek yang sukses beradu bersama dengan merek teknologi international seperti Apple dan Toyota. Ilmuwan Korea Selatan sudah memberikan kontribusi vital di bidang seperti robotik.

2. Amerika Serikat

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 9Eksplorasi area angkasa, farmasi, sistem pertahanan dan telekomunikasi sudah jadi fokus utama Amerika Serikat sepanjang beberapa dekade. Amerika punya militer paling kuat dan berteknologi maju di dunia lewat perusahaan teknologi terbesar di dunia seperti Google, Facebook, Apple, Intel, IBM dan Microsoft. Deretan teknologi raksasa yang sudah mengubah langkah hidup orang di seluruh dunia.

1. Jepang

Negara Berteknologi Paling Maju di Dunia 10Semua mengakuinya, Jepang adalah negara yang meraih hasil di setiap bidang: mulai berasal dari teknologi bio hingga robotika. Jepang terkenal bersama dengan penelitian ilmiahnya yang sudah memberikan kontribusi yang benar-benar besar di beraneka bidang seperti mobil, elektronik, mesin, teknik gempa, optik, robotik industri, logam dan semi konduktor. Peneliti Jepang pun sudah memenangkan banyak penghargaan Nobel.

Prediksi Tren Teknologi di 2024 yang Bakal Bawa Perubahan

Seiring perjalanan teknologi yang konsisten berkembang, th. 2024 menjanjikan panorama yang luar biasa didalam dunia inovasi. Tren teknologi di 2024 yang bakal mampir diprediksi tidak cuma bakal membawa perubahan, tetapi termasuk mengubah lanskap teknologi secara menyeluruh.

Dari pertumbuhan kecerdasan buatan yang makin lama canggih hingga kemajuan didalam konektivitas 5G yang revolusioner, proyeksi ini mengisyaratkan bahwa kita bakal memandang terobosan teknologi yang menandai masa baru didalam langkah kita berinteraksi bersama dunia digital. Lalu apa saja tren teknologi di 2024 yang diprediksi membawa pergantian yang baik untuk kehidupan? Yuk, lihat penjelasan berikut ini.

Sustainable Technology

Prediksi tren teknologi di 2024 menempatkan Sustainable Technology sebagai prioritas utama, diakui oleh Gartner sebagai kerangka solusi digital yang memiliki efek signifikan pada lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan dan pelanggan. Kehadiran Sustainable Technology jadi makin lama gawat didalam optimasi biaya, kinerja energi, dan penggunaan aset fungsi memastikan praktik usaha yang bertanggung jawab.

Sustainable Technology tidak cuma memberi tambahan efek di tingkat operasional IT internal, tetapi termasuk merambah ke seluruh operasional bisnis. Hal ini mencakup transparansi didalam praktik pengadaan hingga beberapa langkah konkrit untuk mengurangi emisi karbon. Dengan memakai Sustainable Technology, perusahaan mampu mobilisasi operasional mereka bersama lebih efisien, menciptakan lingkungan usaha yang lebih berkelanjutan.

Dengan memakai potensi Sustainable Technology didalam tiga aspek, yakni operasional IT internal, operasional usaha secara menyeluruh, dan operasional pelanggan, perusahaan mampu mengakses kesempatan baru untuk menghadapi tantangan global tentang keberlanjutan. Dengan berfokus pada inovasi teknologi yang berkelanjutan, kita mampu menciptakan pergantian positif yang membawa efek jangka panjang bagi lingkungan dan penduduk secara keseluruhan.

AI-Augmented Development

Tren teknologi di 2024 yang menarik sesudah itu adalah AI-Augmented Development. Diprediksi bahwa tren ini bakal membuat perubahan cara kerja dengan tingkatkan sistem yang ada, beri tambahan akses terhadap informasi dan keterampilan di semua peran dan manfaat bisnis. AI-Augmented Development, khususnya Generative AI, berpotensi untuk mengotomatiskan berbagai tugas, tingkatkan produktivitas, mengurangi biaya operasional, dan mengakses peluang untuk perkembangan usaha baru.

Gartner, di dalam proyeksinya, beri tambahan deskripsi optimis berkaitan perkembangan AI-Augmented Development. Mereka memperkirakan bahwa terhadap tahun 2026, lebih dari 80 prosen perusahaan bakal mengadopsi API dan type Generative AI, apalagi menerapkan aplikasi berkemampuan GenAI di lingkungan produksi. Angka ini mencerminkan lonjakan vital dibandingkan dengan kurang dari lima prosen penggunaan terhadap tahun 2023.

Saat melangkah menuju tahun 2024, AI-Augmented Development menjanjikan kemungkinan-kemungkinan baru yang bakal membentuk cara bekerja dan berbisnis. Kemampuannya untuk mengakses pintu bagi otomatisasi yang lebih canggih dan menyederhanakan kompleksitas tugas-tugas tekhnis membuatnya jadi elemen yang makin lama perlu di dalam peta jalur transformasi digital perusahaan.

AI Trust, Risk, and Security Management

AI Trust, Risk, and Security Management atau AI TRiSM jadi fokus slot via pulsa utama di dalam tren teknologi di 2024 dengan beri tambahan serangkaian solusi inovatif untuk mengidentifikasi dan memitigasi risiko yang berkaitan dengan type dan aplikasi kecerdasan buatan. Menyadari kompleksitas penggunaan dan mengolah type AI, AI TRiSM membantu perusahaan di dalam mengintegrasikan tata kelola sejak tahap awal, menegaskan bahwa sistem AI yang digunakan mematuhi ketentuan kepatuhan, berbentuk adil, responsif, dan sanggup menjaga privasi information dengan efektif.

Dalam konteks AI TRiSM, Explainability/Model Monitoring beri tambahan transparansi yang diperlukan untuk mengawasi dan menjelaskan ketentuan yang diambil alih oleh type AI. ModelOps, sebagai pilar kedua, mengelola siklus hidup type AI dari pengembangan hingga implementasi, menegaskan kedisiplinan dan keberlanjutan kinerja model.

Pilar ketiga, AI Application Security, beri tambahan susunan pertahanan untuk menjaga type dan aplikasi AI dari potensi ancaman keamanan siber. Terakhir, Privacy, sebagai pilar keempat, menempatkan fokus terhadap perlindungan information dan privasi, menegaskan bahwa penggunaan AI selamanya cocok dengan regulasi dan standar privasi yang berlaku.

Baca juga: https://www.bodrumpartner.com/tahun-2025-china-akan-meriilis-robot-humanoid-canggih/

AI TRiSM jadi instrumen perlu di dalam mendorong adopsi AI yang lebih aman dan sanggup diandalkan. Dengan menyusun serangkaian solusi yang merangkum faktor vital di dalam keamanan dan keandalan type AI, perusahaan sanggup menegaskan bahwa penerapan kecerdasan buatan mereka tidak cuma menghasilkan kinerja yang optimal tapi termasuk cocok dengan norma etika dan ketentuan hukum yang berlaku.

Continous Threat Exposure Management

Dalam melihat ke depan, ancaman siber tetap jadi bayangan yang menghantui usaha modern. Gartner, dengan visi ke tahun 2024, meramalkan keperluan bakal prinsip yang lebih kuat di dalam menangani dan mengelola potensi keterpaparan terhadap ancaman siber yang sanggup mengancam keberlangsungan bisnis. Konteks inilah yang melatarbelakangi tren teknologi Continous Threat Exposure Management, sebuah pendekatan pro aktif untuk menangani risiko keamanan siber dengan mengotomatisasi pengecekan dan penerapan patch keamanan.

Implementasi CTEM sanggup diuraikan lewat serangkaian cara yang terencana dengan matang. Langkah awal melibatkan penilaian dan pemahaman menyeluruh terhadap cakupan paparan keamanan siber, diikuti dengan pengembangan sistem penemuan aset dan profil risiko. Selanjutnya, CTEM tekankan pentingnya memprioritaskan ancaman yang paling kemungkinan dieksploitasi, menegaskan bahwa usaha pengamanan difokuskan terhadap hal-hal yang paling kritis dan mendesak.

Dengan mengusung rancangan penanganan berkelanjutan terhadap paparan ancaman, CTEM bukan cuma jadi sebuah tren teknologi, tapi termasuk jadi trick yang benar-benar relevan dan mendesak di era di mana keamanan siber jadi fokus utama. Dalam usaha untuk menjaga usaha dari konsekuensi yang merugikan akibat ancaman siber, CTEM beri tambahan kerangka kerja yang komprehensif untuk memitigasi risiko, menjaga kelangsungan bisnis, dan membentuk keamanan siber yang adaptif.

Industry Cloud Platforms

Tren teknologi di 2024 yang menonjol adalah Industry Cloud Platforms, sebuah rancangan yang menggabungkan kebolehan software, platform, dan Infrastructure-as-a-Service atau IaaS ntuk sediakan solusi yang benar-benar spesifik bagi berbagai industri vertikal. Dalam dunia yang makin lama terdigitalisasi, solusi lazim sering kali tidak sanggup memenuhi keperluan spesifik yang dihadapi oleh sektor-sektor industri tertentu.

Solusi industri ini secara substansial tergantung terhadap sarana public cloud untuk mengelola beban kerja dengan efisien, sambil mempercepat adaptasi terhadap keperluan usaha yang berbentuk khusus, data, kepatuhan, atau parameter lainnya. Kelebihan dari pendekatan ini terdapat terhadap kemampuannya untuk beri tambahan keandalan dan elastisitas, memungkinkan industri untuk menangani tantangan dengan lebih responsif. Industry Cloud Platforms beri tambahan fondasi yang kokoh untuk inovasi di berbagai sektor, menegaskan bahwa solusi teknologi sanggup sesuai dengan keperluan dan pergantian dinamis yang terjadi di dalam tiap-tiap industri.

Dengan menghadirkan solusi yang sanggup diandalkan, aman, dan terukur, Industry Cloud Platforms jadi kunci untuk tingkatkan efisiensi operasional dan beri tambahan nilai malah yang vital di dalam berbagai konteks industri. Dengan sanggup sediakan kecepatan dan fleksibilitas, tren ini tidak cuma mencerminkan transformasi digital yang mendalam, tapi termasuk mengukuhkan perannya sebagai katalisator untuk inovasi dan kemajuan di era depan.

Untuk mendapatkan produk teknologi, pastikan kamu membelinya dari toko terpercaya dan bergaransi layaknya Eraspace. Mencari perangkat gadget dengan spesifikasi paling baik tidak bakal jadi masalah, karena di sini ada beragam pilihan produk gadget. Caranya dengan berkunjung ke situs formal Eraspace atau download aplikasinya. Yuk, temukan pilihan perangkat HP cocok kebutuhanmu secara gampang cuma di Eraspace.

Tahun 2025 China Akan Meriilis Robot Humanoid Canggih

China, yang telah lama memiliki ambisi untuk menjadi pemimpin dalam teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), telah memperluas fokusnya dengan mengarahkan perhatian pada pengembangan robot humanoid. Humanoid, merupakan gabungan kata dari Bahasa Latin ‘Humanus,’ yang artinya ‘manusia,’ dan Bahasa Yunani ‘-oeides,’ yang mengacu pada ‘kesamaan ekspresi.’ Robot humanoid, sebagai konsep ini, mengacu pada robot yang memiliki struktur tubuh yang menyerupai manusia.

Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China baru-baru ini merilis panduan kebijakan yang menetapkan target produksi robot humanoid pertama pada tahun 2025. Panduan tersebut menggarisbawahi komitmen pemerintah untuk mendukung perusahaan startup yang berfokus pada bidang robotik, menetapkan standar industri yang ketat, mengembangkan talenta perakit robot, dan memperdalam kerja sama internasional. Dengan demikian, China semakin memperkuat posisinya dalam persaingan teknologi global dengan Amerika Serikat.

Salah satu inovasi utama yang China rencanakan adalah pengembangan “kulit” untuk robot yang mirip manusia. Teknologi ini akan memungkinkan robot untuk beroperasi dalam kegelapan dengan bantuan indera peraba. Kementerian telah menetapkan target untuk sbobet88 terobosan dalam pengindraan lingkungan, pengendalian gerakan, dan kemampuan interaksi mesin dengan manusia dalam waktu dua tahun ke depan.

“Pemerintah mendorong penggunaan kecerdasan buatan dalam robotika dan menyerukan lebih banyak penelitian mengenai pengembangan tangan, lengan, dan kaki robot yang tangkas,” kata Kementerian dalam panduan tersebut, dilansir dari Bloomberg. Lebih ambisius lagi, pemerintah China merencanakan agar robot humanoid mampu berpikir, belajar, dan berinovasi pada tahun 2027. Dengan harapan bahwa robot humanoid ini dapat menggantikan manusia dalam berbagai tugas, mulai dari memilih bahan makanan hingga bekerja di lingkungan berbahaya.

Langkah China dalam mengembangkan robot humanoid telah menciptakan kegembiraan di pasar saham, dengan saham perusahaan seperti Ningbo Zhongda Leader Intelligent Transmission Co., Miracle Automation Engineering Co., dan Siasun Robot & Automation Co melonjak setelah pengumuman panduan tersebut. Meskipun beberapa perusahaan Amerika Serikat memiliki keunggulan dalam bidang ini, seperti Tesla dengan robot humanoid Optimus dan Boston Dynamics dengan robot Atlas yang memiliki kemampuan gerakan canggih, China tampaknya siap untuk menjadi pemimpin dalam pengembangan robot humanoid yang mampu berpikir dan belajar.

China menggunakan teknologi artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk mencuri informasi dan data rahasia  negara lain termasuk memata-matai Amerika Serikat (AS). Laporan tersebut muncul dari pertemuan dengan kontraktor teknologi China selama pandemi dan diungkapkan dalam sebuah laporan The New York Times. Ministry of State Security (MSS) meminta pengembangan program AI untuk menghasilkan informasi dan analisis pola perilaku individu di kedutaan AS di wilayah Beijing. Program AI ini diminta untuk menyediakan informasi, database, dan kamera guna memantau pelat nomor mobil, data ponsel, serta kontak individu.

Informasi yang dihasilkan oleh AI memungkinkan China memilih target, menentukan jaringan, dan mengidentifikasi kerentanan pada setiap target. Permintaan ini muncul karena kamera pengintai yang telah dipasang di wilayah kedutaan di Beijing dinilai tidak memadai. Kamera tersebut sebelumnya digunakan untuk melacak diplomat asing, perwira militer, dan agen intelijen.

Penggunaan AI menjadi perkembangan yang signifikan di dalam badan intelijen China, di mana sebelumnya, informasi diperoleh melalui gosip di pesta makan malam kedutaan. Ini juga menciptakan persaingan dengan badan intelijen AS, CIA. Dengan memanfaatkan teknologi baru seperti AI, MSS dapat menantang AS dalam hal ini seperti dikutip Japan Today.

Baca Juga: https://www.bodrumpartner.com/7-penemu-teknologi-di-indonesia-ini-wajib-kamu-ketahui/

Teknologi baru ini dianggap sebagai hasil dari upaya yang dilakukan baik oleh China maupun AS. Khususnya bagi China, eksploitasi teknologi dan rahasia dagang negara lain menjadi alternatif yang didorong oleh pemerintah, seperti yang diungkapkan oleh Direktur Program China di Stimson Center, Yun Sun.